Mukomuko Sukses Kendalikan Masalah Penyebaran Covid-19

Mukomuko Sukses Kendalikan Masalah Penyebaran Covid-19

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Angka kasus positif aktif Covid-19 di Kabupaten Mukomuko per 30 Agustus tinggal menyisakan 68 orang. Angka itu turun cukup banyak dibandingkan dengan bulan lalu. Kemudian, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di ruang isolasi RSUD Mukomuko juga berkurang drastis.

Sejak akhir Juli hingga pertengahan Agustus, pasien Covid yang dirawat di ruang isolasi RSUD mencapai 28 orang atau nyaris memenuhi total bad ruang isolasi. Namun sekarang, jumlah pasien Covid yang dirawat hanya 3 orang. Dua kondisi itu, dibarengi dengan angka kesembuhan yang tinggi.

Melihat kondisi itu, jika merujuk pada salah satu surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 141/4251/SJ yang dilayangkan kepada kepala daerah 9 Agustus 2021 lalu, dapat dikatakan Pemkab, Satgas, dan seluruh elemen di Kabupaten Mukomuko sukses mengendalikan penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Mengutip isi surat, poin 6 berbunyi, dalam kurun waktu 2 (dua) bulan sebagaimana dimaksud pada angka 5, diminta kepada Saudara/i untuk berupaya menurunkan angka penyebaran Covid-19 dengan mengendalikan 4 (empat) parameter antara lain menurunkan kasus aktif, meningkatkan angka kesembuhan, menurunkan tingkat kematian, menurunkan tingkat keterisian tempat tidur Rumah Sakit (Bed Occupancy Ratio/BOR) untuk Intensive Care Unit (ICU) dan ruang isolasi.

Melihat poin itu, turunnya penyebaran Covid-19 dapat "diukur" dari empat parameter tersebut. Yakni menurunkan kasus aktif, meningkatkan angka kesembuhan, menurunkan tingkat kematian, menurunkan tingkat keterisian tempat tidur Rumah Sakit di ruang isolasi. Mayoritas parameter itu telah dicapai Mukomuko.

Ketika dikonfirmasi radarbengkuluonline.com tadi siang , Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM membenarkan angka kasus positif aktif akhir Agustus ini turun. Angka kasus aktif sisa 68 orang tersebar di 14 kecamatan. Paling banyak di Kecamatan Teras Terunjam dan Air Rami masing-masing 10 kasus aktif. Hanya di Pondok Suguh yang saat ini kasus positif aktif Nol. "Untuk jumlah kasus aktif turun. Per 30 Agustus sisa 68 orang. Alhamdulillah. Kendati demikian, kita tidak boleh abai dengan Prokes," kata Bustam.

Mengenai jumlah pasien Covid yang dirawat turun, juga dibenarkan Direktur RSUD Mukomuko, dr. Syafriadi, Sp.PD. Katanya, pasien yang dirawat di ruang isolasi tinggal 3 orang. Padahal sebelumnya, RSUD terpaksa menambah ruang dan bad isolasi karena jumlah pasien sempat membludak. "Jumlah pasien Covid yang dirawat saat ini turun drastis. Kemarin-kemarin puluhan sempat 28 orang. Sekarang tinggal 3 orang," singkat Syafriadi kemarin. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: