Pemdes Penyangkak Gelar Rembuk Stunting

Pemdes Penyangkak Gelar Rembuk Stunting

RBO >>>  AIR BESI >>>  Pemerintah Desa Penyangkak, Kecamatan Air Besi mengadakan Musyawarah Desa Penanganan Program Stunting dan juga rembuk stunting sebagai salah satu tahap perencanaan Desa Penyangkak untuk Rencana Kerja kader Tahun 2022. Musyawarah Desa dalam Penanganan Stunting ini dilaksanakan karena hasil riset nasional selama 10 tahun terakhir belum menunjukkan adanya perubahan yang berarti, dan juga program stunting masih menjadi Rencana Jangka Menengah Nasional. Selaras dengan amanah Undang-Undang 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Rembuk stunting merupakan rangkaian dari tahapan penyusunan perencanaan ditingkat desa untuk merumuskan kebijakan/ prioritas wajib sehubungan pengentasan stunting dalam rumusan RKP desa. Sesuai kewenangan desa, intervensi pencegahan stunting yang menggunakan Dana Desa dapat meliputi 5 paket layanan. Antara lain layanan KIA, konseling gizi, sanitasi dan air bersih, perlindungan sosial dan PAUD.

Kades Penyangkak, Hamdan ATT kepada radarbengkuluonline.com tadi siang mengatakan,dalam kegiatan rembuk stunting ini diharapkan kader dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan menyampaikan aspirasinya agar di Desa Penyangkak ini tidak ada yang stunting.

Musyawarah Desa Rembuk Stunting dibuka oleh Camat Air Besi, Dairmansyah,S.Ip yang diwakili oleh Kasi PMD Hermeliza SE. Acara ini juga dihadiri oleh anggota BPD desa Penyangkak, pendamping desa, Babinsa, Kader Pemerdayaan Manusia, Ketua dan anggota PKK serta Kader Posyandu, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPM) dan anggota LPM.

Musdes RKPDes diselenggarakan bertujuan untuk Musyawarah Desa terwujudnya perencanaan desa dalam usaha mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah desa.

Kegiatan Rembuk Stunting dan Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Penyangkak Tahun Anggaran 2022, di hadiri oleh Camat Air Besi, DairmansyaS.Ip yang diwakili oleh Kasi PMD, Hermeliza SE, pendamping desa, Kades Penyangkak, Hamdan ATT, perangkat desa, dan undangan lainnya. Kegiatan ini diselenggarakan di gedung Serbaguna Desa Penyangkak Rabu, ( 1/9/2021 ). (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: