Kwikku Gelar Kompetisi Menulis Novel, Webtoon, Design Cover 2021 500 Juta

Kwikku Gelar Kompetisi Menulis Novel, Webtoon, Design Cover  2021  500 Juta

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kwikku menyelenggarakan  kompetisi menulis Novel, Webtoon, dan Design Cover 2021 500 juta. Kompetisi ini diselenggarakan  Kwikku bekerja sama dengan PT Falcon.

Chief Executive Officer (CEO) Kwikku,  Hamdi Masaad mengatakan,  kompetisi ini bertujuan untuk memberi kesempatan bagi Author dan Animator untuk berpartisipasi dan meramaikan kompetisi dengan mengirimkan karya terbaik yang mereka miliki. Pihak penyelenggara kompetisi 500 juta kwikku juga tidak memungut biaya pendaftaran bagi peserta yang ingin berpartisipasi dalam kompetisi.

''Kwikku ini merupakan platform media sosial yang diciptakan untuk membuat sebuah wadah bagi penulis menerbitkan karya-karya yang mereka miliki. Dengan menciptakan Kwikku, kita ingin membuat sebuah wadah dimana penulis bisa bertemu dengan Republicing house, kreator house. Jadi, karya mereka bukan hanya dibuat, tapi berlanjut ke jenjang selanjutnya, " ungkap Hamdi Masaad saat dihubungi radarbengkuluonline.com  Kamis (30/9).

Kegitan yang akan dilakksanakan ini, lanjutnya, bukan yang pertama. Tetapi, ini kelanjutan acara sebelumnya." Ini event yang ke dua. Yang pertama itu pada tahun 2020 dan sukses. Kita bisa mengumpulkan 12.000 buku. Kita mau di tahun ini juga sama seperti tahun lalu. Jadi, kita di kwikku itu setiap tahun ada dua event. Pertama, event 500 juta dan yang ke dua event skrip film. Jadi, peserta membuat skrip film yang nantinya akan dijadikan sebuah film, " jelas Hamdi Musaad.

Kompetisi ini, paparnya, dilaksanakan dari 4 September 2021 hingga 4 Desember 2021, pukul 23:59 WIB. Tidak tanggung-tanggung, Kwikku menggaet deretan penulis ternama Indonesia sebagai juri kompetisi menulis Novel. Diantaranya ada Rintik Sedu, Dee Lestari, Agustinus Wibowo, Erisca Febriani yang merupakan penulis novel Dear Nathan, Ahmad Fuadi, seorang penulis Novel Negeri 5 Menara.

Selain menggaet penulis ternama sebagai juri, Kwikku juga menggaet Animator Indonesia yang sudah mendunia sebagai juri kompetisi Webtoon. Adalah Christiawan Lie, seorang Animator Indonesia yang terlibat dalam pembuatan ilustrasi komik keluaran Hollywood. Seperti komik Transformer 3, Gi Joe, dan Spiderman 4. Selain Cristiawan Lie juga ada Faza Meonk, Devita Krisanti, Sweta Kartika, Olvyanda Ariesta turut serta menjadi juri kompetisi Webtoon.

Peserta bisa berkompetisi secara individu ataupun dengan tim. Peserta terdiri dari dua kategori. Yang pertama adalah peserta penulis (Kompetisi Penulis Novel) dan Peserta Kreator (Kompetisi Penulis Webtoon dan Desing Cover). " Bulan ini (September) sudah ada 1.000 karya yang sudah disubmit di event 500 juta kwikku."

Chief Marketing Officer (CMO) Kwikku, Emil Sabil mengatakan karya yang disubmit akan terus bertambah setiap bulan selama masa kompetisi masih berlangsung. " Biasanya akan membludak pada bulan-bulan akhir. Kompetisi ini kan tiga bulan. Nah, di bulan-bulan terakhir itu biasanya bisa sampai 5.000 karya yang bertambah. "

Total hadiah untuk pemenang kompetisi senilai Rp 500.000.000. Ini dibagi kedalam beberapa juara. Naskah juara 1-3 kompetisi menulis Novel dan Webtoon akan difilmkan. Hadiah lainnya untuk penulis Novel dan Webtoon adalah 2 juara favorit, 3 penulis favorit, dan 3 kreator favorit masing-masing akan memperoleh hadiah Rp 5.000.000. Penulis favorit akan dipilih setiap bulan berdasarkan votes dari pembaca.

Pihak penyelenggara event tidak menentukan tema untuk karya. Tema bebas selama tidak menyinggung pihak tertentu. Tidak Vulgar (Tidak mengandung pornografi), tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan), dan tidak melanggar hak cipta. Fanfiction dan LGBT merupakan kategori karya yang tidak bisa disubmit dalam kompetisi.

Selain itu Hamdi Masaad dan Emil Sabil juga mengatakan, siapapun bisa berpartisipasi dalam event. Baik itu penulis yang sudah memiliki nama (senior) atau baru pertama menulis. Pihak penyelenggara event tidak membuat ketentuan peserta harus sudah memiliki buku sebelumnya. Karena kompetisi terbuka untuk umum.

"Event ini berkemungkinan besar menjadi event tahunan kwikku. Setiap kompetisi kita pasti meriview. Bisa jadi kedepannya bukannya event 500 juta lagi, tapi 1 miliar. Jika hasilnya positif, kemungkinan akan diselenggarakan setiap tahun, " jelas Emil Sabil.

" Untuk teman-teman yang baru memulai untuk menulis, jangan menyerah. Karena bagaimanapun bentuk tulisan kalian itu akan ada pembacanya. Minimal diri kalian sendiri. "

Info lebih lengkap mengenai kompetisi 500 juta Kwikku 2021 bisa diakses di event.kwikku.com. (Mg-3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: