Berpotensi Jadi PPI Internasional, Seluma Bisa Semakin Maju

Berpotensi Jadi PPI Internasional, Seluma Bisa Semakin Maju

radarbengkuluonline.com -  BENGKULU – Sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah, Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) berdasarkan Undang-Undang dari Pemerintah Kementerian Kelautan dan Perikanan maka seluruh PPI itu menjadi kewenangan Pemerintah Daerah tingkat Provinsi. Dengan adanya regulasi tersebut, Kabupaten Seluma mempunyai potensi menjadi PPI dan potensinya bisa menjadi PPI tingkat internasional. “Jadi seluruh PPI, sekarang sudah jadi kewenangan pemerintah provinsi. Dan pada bulan Januari lalu, pihak Pemda Kabupaten Seluma telah menyerahkan Pelabuhan Pendaratan Ikan beserta seluruh asetnya itu ke Pemda Provinsi, pelabuhannya yang terletak di daerah Pasar Seluma. Termasuk PPI Ketahun di Bengkulu Utara, Begitu juga dengan PPI Pulau Baai.

Saat ini,  kami membahas Perda Tata Ruang itu kemarin, Kabupaten Seluma memang sudah kami masukkan sebagai salah satu daerah sebagai kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan nasional. Kalau melihat posisi letak geografis Pelabuhan Pasar Seluma ini, maka potensinya menjadi pelabuhan PPI taraf internasional juga terbuka. Karena kita langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Dengan demikian Kabupaten Seluma tentu akan lebih maju,” ungkap anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi SP, MM kepada radarbengkuluonline.com Rabu (27/10). BACA JUGA: Dimatangkan, Seluma Jadi Pelabuhan Pendaratan Ikan Nusantara

Dijelaskan oleh politisi Gerindra Dapil Kabupaten Seluma ini, banyak dampak baik dengan dijadikannya nanti Pelabuhan Pasar Seluma menjadi PPI bertaraf internasional. Selain proses ekspor impor ikan dan sumber daya kekayaan alam lainnya di Seluma, maka secara ekonomi perputaran ekonomi daerah juga akan bangkit.

“Ekspor Impor Ikan itu nanti, bisa jadi lewat PPI Seluma. Kalau PPI kita paksakan di Kota Bengkulu , maka kurang tepat. Sekarang saja lahan Pelabuhan Pulau Baai itu berada di kawasan Pelindo. Sehingga tabrakan aktivitas nelayan dengan aktivitas umum di pelabuhan tersebut. Sebab itu, Seluma menjadi alternatif PPI yang refresentatif untuk Bengkulu.”

Kemudian kapan PPI itu akan direalisasikan? Jonaidi menerangkan, itu menunggu dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kalau persetujuannya sudah, Kabupaten Seluma sudah menyiapkan lokasi. “Itu juga sudah diminta DED, dimana nanti mungkin DED nya dari Pemerintah Provinsi yang anggarkan. Tapi persetujuan wilayah itu sudah dari kabupaten. Dan dampak PPI ini untuk Seluma nanti, akan sangat luar biasa. Kalau selama ini  ikan itu hanya sebagai komoditas nelayan kecil, kedepan ikan dan komoditas laut lainnya yang ada di Seluma akan jadi komoditas ekspor impor dengan adanya pelabuhan tersebut.”  (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: