80 Persen Desa Punya Perpustakaan Sendiri

80 Persen Desa  Punya Perpustakaan Sendiri

radarbengkuluonline.com - BENGKULU - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi Jantan, M.Pd melalui Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Multazam, M.Pd mengatakan, pihaknya menargetkan semua desa di Provinsi Bengkulu ada perpustakaan. Itu semua benar-benar dijadikan sebagai sarana, atau masyarakat berkumpul untuk menimba ilmu.

"Hingga saat ini, sedang dalam tahap proses. Saya sudah berkunjung ke beberapa kabupaten. Alhamdulillah, 80 persen desa-desa sudah ada perpustakaan," ujar Multazam saat ditemui radarbengkuluonline.com di ruangannya, Selasa (9/11). BACA JUGA: Layanan Perpustakaan Bengkulu Semakin Prima

Dijelaskannya, desa yang belum punya perpustakaan dikarenakan terkendala oleh pengadaan gedung. Maka dari itu, pihaknya kedepan berharap ada gedung khusus di perpustakaan disetiap desa. Terkait koleksi buku di perpustakaan, pihaknya mengarahkan untuk dana desa, di samping digunakan untuk membangun gedung, juga untuk melengkapi koleksi buku. Sebab, DPK Provinsi memfasilitasi jika ada desa yang ingin menambah koleksi buku, silahkan buat proposal, akan disampaikan ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

"Kami belum punya program untuk membantu desa terkait koleksi buku," jelasnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: