Stok Buku Capai 40.400 Ribu Eksemplar

Stok Buku Capai 40.400 Ribu Eksemplar

RBO, BENGKULU - Stok buku di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi, hingga saat ini sudah mencapat angka 40.400 eksemplar. Sebab, pihaknya masih ingin menambah koleksi stok buku untuk menaikan akreditasi menjadi A, sebanyak 60.000 ribu buku. "Untuk bisa menambah stok buku, ada penambahan dari dana aspirasi anggota dewan. Sebab, syarat administrasi untuk akreditasi A harus ada 60.000 ribu buku," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi, H. Meri Sasdi, M.Pd melalui Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian, Hj. Wardaniar, S.Sos, M.Pd, kepada RADAR BENGKULU, Kamis (11/11).

Keuntungan jika mendapat akreditasi A, Wardaniar menjelaskan, nila A yang didapat diibaratkan nilai raport sekolah, jika siswa itu benar-benar pintar, pasti dilihat dari nilai raportnya, sama saja, seperti gedung perpustakaan itu bagus, mewah dan sebagainya, pasti orang bertanya akreditasinya apa ? Selain itu, keuntungan lainnya, dianggaran, mau tidak mau pemerintah harus menambahkan anggaran dari sebelumnya, untuk mencapai koleksi buku menjadi 60.000 ribu.

"Akreditasi A itu, hanya bertahan 4 tahun. Kalau tidak dipertahankan akan turun ke B atau dicabu oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas), jadi, semuanya harus bekerjasama, kalau akreditasi turun, yang malu juga Provinsi Bengkulu," tuturnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: