Unib Gelar Pemilihan Duta Keilmuan 2021

Unib Gelar Pemilihan Duta Keilmuan 2021

radarbengkuluonline.com - BENGKULU - Departemen Diklat UKM P3M Universitas Bengkulu (Unib) mengadakan Pemilihan Duta Keilmuan. Ini merupakan salah satu program kerja pertama yang akan diadakan. Pemilihan duta keilmuan ini sendiri dibuka untuk mahasiswa UKM keilmuan selingkup Universitas Bengkulu (Unib) tahun 2021.

“Untuk peserta sendiri itu bagi mahasiswa atau mahasiswi yang sudah masuk ke UKM keilmuan. Jadi, UKM keilmuan itu ada lima tingkat fakultas dan satu tingkat universitas. Kalau di Fakuktas Teknik itu ada namanya UKM keilmuan Rkom. Kalau di Fakuktas FMIPA itu namanya UKM keilmuan MSC, di Fisip itu namanya UKM keilmuan Forsei, dan di FKIP itu ada UKM keilmuan Medira, di Pertanian itu ada UKM keilmuan Medika, dan ditingkat universitas itu ada UKM keilmuan P3M Universitas Bengkulu. Jadi kalau belum gabung ke UKM keilmuan itu belum bisa untuk mendaftar atau mengikuti duta keilmuan Universitas Bengkulu. Karena ini diadakan oleh UKM P3M Departemen Diklat. Jadi, memang yang dicari adalah jebolan-jebolan atau unggulan-unggulan dari UKM keilmuan. Oleh karena itu, mereka pantas dinobatkan sebagai duta keilmuan. Kalau mereka yang belum gabung ke UKM keilmuan itu mungkin bisa mengikuti prosedur-prosedur yang ada bagaimana caranya bisa masuk ke UKM keilmuan,” ujar Chyntia Meininda Anjanni selaku Duta P3M UNIB 2020 saat dihubungi  radarbengkuluonline.com via telepon tadi pagi.

Pendaftaran Pemilihan Duta Keilmuan sendiri, lanjutnya, sudah dibuka sejak 8 November lalu hingga 26 November mendatang. Dengan persyaratan, merupakan anggota aktif UKM keilmuan selingkup UNIB yang dibuktikan dengan surat delegasi UKM keilmuan masing-masing,telah mengikuti orientasi keilmuan dengan melampirkan sertifikat orientasi, mahasiswa aktif universitas Bengkulu yang telah menempuh minimal 2 semester dan maksimal 6 semester, siap berkontribusi aktif untuk memajukan UKM keilmuan UNIB, siap menjadi bagian dari anggota Duta Keilmuan UNIB, melampirkan pas photo formal , siap mengikuti kegiatan secara OFFLINE selama masa pemilihan hingga grandfinal, membuat esai dengan tema "ciptakan generasi yang unggul dan berprestasi" format : maks 7 lembar , timenew roman 12, spasi 1,5. Pendaftaran dapat diisi melalui link berikut ini : https://bit.ly/DutaKeilmuan21

Setelah melakukan pendaftaran, lanjutnya, pada 27 November akan diadakan technical meeting, wawancara dan presentasi esai pada 28 November, pengumuman finalis pada 1 Desember dan grand final pada 4 Desember 2021. Grand final duta keilmuan UNIB akan diadakan pada saat hari puncak graduationaward dengan menghadirkan para finalis Duta Keilmuan UNIB dan akan dipilih 6 pasang duta putra dan putri (1 pasang dari masing-masing UKM Keilmuan fakultas).

“ Hal menarik yang akan didapatkan adalah peserta merupakan perwakilan dari masing-masing UKM keilmuan Universitas Bengkulu, yaitu peserta nantinya akan mendapatkan pelatihan di eventorganizer. Jadi kalau misalnya pesertanya nanti akan kita kasih pembekalan tentang bagaimana sih menjadi master ofceremony yang baik dan benar tentang bagaimana sih cara menjadi seorang role model bagi UKM keilmuan. Hal menarik lainnya nanti peserta dari duta keilmuan Universitas Bengkulu pastinya akan mendapatkan penghargaan dan penobatan sebagai duta keilmuan Universitas Bengkulu dan hadiah. Pastinya disini kita akan membimbing peserta bagaimana caranya mereka menjadi tolok ukur atau pandangan Universitas Bengkulu bahwa UKM keilmuan itu adalah salah satu UKM yang benar-benar mewadahi mahasiswa untuk bisa meningkatkan softskill dan prestasi,” ujarnya.

Adapun tugas dari duta keilmuan adalah untuk memperkenalkan UKM keilmuan. Seperti mengadakan sesi sharingsession memperkenalkan UKM keilmuan, kegiatan UKM,kemudian mengajak mahasiswa untuk gabung ke UKM keilmuan melatih skill dibidang kepenulisan, bidang public speaking, dan bahasa Inggris.

“Tujuannya adalah untuk memperkenalkan UKM keilmuan selingkup Universitas Bengkulu dan mencari teladan (role model ) dari masing-masing UKM keilmuan. Kemudian nantinya para duta keilmuan Universitas Bengkulu ini dapat memperkenalkan UKM keilmuan, baik itu kepada mahasiswa baru maupun mahasiswa Universitas Bengkulu. Karena, masih banyak sekali mahasiswa yang kebingungan mencari wadah untuk bisa belajar melatih skill dan juga bisa mengembangkan potensi yang mereka miliki. Terutama di bidang keilmuan dan penalaran. Entah itu penulisan, public speaking, skill bahasa Inggris dan sejenisnya, itu mereka masih bingung. Padahal UKM keilmuan sendiri sudah mewadahi untuk mereka bisa meningkatkan skill tersebut. Karena jebolan-jebolan mahasiswa atau aset-aset dari UNIB dan mahasiswa berprestasi itu semua berasal dari UKM keilmuan Universitas Bengkulu.”  (Mg-4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: