Bupati Mian Hadirkan Komisi V DPR RI ke BU

Bupati Mian Hadirkan Komisi V DPR RI ke BU

radarbengkuluonline.com -  ARGA MAKMUR – Untuk pertama kalinya, anggota Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik dalam rangka meningkatkan infrastruktur di Bengkulu Utara. Hal ini merupakan buah upaya Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian berkoordinasi ke pusat, sehingga dapat menghadirkan DPR RI. Terlebih, Provinsi Bengkulu saat ini belum memiliki anggota DPR RI di komisi V.

Dipimpin oleh anggota Komisi V DPR RI, Hj. Sadarestuwati, SP, MMA, bersama rombongan disambut langsung oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian dan jajaran mulai dari Bandara Fatmawati Bengkulu hingga ke Balai Daerah Bengkulu Utara, pada Kamis (18/11/2021).

Turut mendampingi anggota Komisi V DPR RI, yakni Dra. Sri Rahayu, Drs. Hamid Noor Yasin, MM, dan Ir. Eddy Santana Putra serta mitra kerja Komisi V DPR RI Ditjen SDA, Ditjen Bina Marga, dan Kemendes PDTT. Kementerian PUPR, Direktur Preservasi Wilayah I, Ir. Akhmad Cahyadi M.Eng.SC, Kepala Balai pelaksanaan Jalan Nasional Bengkulu, Ir. M.Diantoro Murod MM.

Peninjauan mulai dilakukan di Pantai Tebing Kandang, Kecamatan Air Napal. Kemudian dilanjutkan ke Pantai Urai Kecamatan Ketahun untuk meninjau abrasi yang mengkhawatirkan telah menggerus jalan Lintas Barat Sumatera tersebut. Perjalanan dilanjutkan dengan melihat kawasan Kota Terpadu Mandiri Lagita Kecamatan Ketahun, dilanjutkan ke balai daerah.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkulu Utara, Ir.H.Mian meminta kepada Komisi V DPR RI untuk dapat merespon cepat dan mengatasi permasalahan jalan di lintas Barat Sumatera ini.

Bupati Bengkulu Utara menjelaskan, pandemi Covid-19 berdampak pada bergesernya prioritas penganggaran dari penanganan infrastruktur yang dialihkan untuk penanganan dampak Covid-19. Jalan-jalan bernilai strategis yang menghubungkan obyek-obyek wisata dan pusat ekonomi masyarakat tentu harus diperhatikan. “Ketidaksanggupan fiskal keuangan daerah imbas dari gesernya prioritas penganggaran, tentu harusnya menjadi kewajiban pemerintah pusat untuk menyikapi hal ini,” jelasnya. PENTING UNTUK DIBACA: Toke Sawit Mengenaskan Tersengat Aliran Listrik

Selain itu, Bupati Bengkulu Utara memaparkan dan mengusulkan beberapa program prioritas yang diusulkan dalam proposal untuk dapat dibangun oleh pemerintah pusat, khususnya dibidang sarana dan prasarana pendukung ekonomi masyarakat. Proposal tersebut diserahkan oleh Pemkab Bengkulu Utara kepada Komisi V DPR RI, Kementerian PUPR, dan Kementerian Desa & Transmigrasi.

Merespon hal tersebut, Komisi V DPR RI Hj. Sadarestuwati, SP mengatakan, semua usulan yang disampaikan akan disupport dari pusat secara berkala dengan mitra kementerian. Dan dengan kunjungan ini harapannya dapat cepat terwujud usulan bupati.

“Saya kira skala prioritas yang harus segera ditindaklanjuti. Yakni, menyelesaikan status jalan, percepat preservasi jalan dengan status rusak berat, terkait abrasi dan untuk Kemendes agar cepat menyelesaikan wilayah kota terpadu dan mandiri,” ujarnya. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: