Pemerintahan Yang Baik Itu Seperti Ini

Pemerintahan Yang Baik Itu Seperti Ini

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Penyelenggaraan pemerintahan yang baik itu adalah, ketika pemerintahan yang dimaksud terbebas dari berbagai praktik korupsi. Ini terungkap dalam Rapat Kerja (Raker) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI bersama Pemerintah Daerah (Pemda) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan maju, kemarin (22/12).

Anggota DPD RI, H. Ahmad Kanedi, SH, MH mengatakan, rapat kerja ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama pihaknya dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik menuju Indonesia Hebat hingga tahun 2045 mendatang. "Kita apresiasi, Pemda di Provinsi Bengkulu luar biasa komitmennya," ungkapnya kepada radarbengkuluonline.com kemarin. SILAHKAN BACA: Ini Dia Orang Bengkulu Yang Tersangkut Namanya di Jalan   (15)

Terutama, lanjut pria yang akrab disapa Bang Ken ini, berkenaan dengan permasalahan korupsi. Setelah hari ini (kemarin, red) kegiatan serupa kembali diagendakan. "Rencananya di Kabupaten Rejang Lebong dan kita upayakan KPK RI juga datang. Supaya sinergitas mewujudkan pemerintahan bebas korupsi, menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih tercapai," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua III DPD RI, Sultan B. Najamudin mengatakan, mewujudkan pemerintahan yang bersih dan maju merupakan salah satu fungsi pengawasan yang dilaksanakan pihaknya. "Sejauh ini kita kerjasama dengan Polri dan Kejagung. Kemudian atas inisiasi Bang Ken, kita bekerjasama dengan KPK dalam mewujudkan pemerintahan bersih," katanya. BACA JUGA: Warga Jenggalu, Seluma Ngadu ke Presiden

Apalagi, sambung Sultan, Provinsi Bengkulu yang daerahnya kecil, APBD juga kecil, PAD kecil, industri kecil, dan keuangan belum surplus. Jadi ketika praktik korupsi masih terjadi, maka bakal susah mewujudkan pecepatan pembangunan daerah. "Maka dari itu, dengan kerjasama ini merupakan upaya pencegahan. Karena kita meyakini pendekatan preventif bisa meminimalisir potensi korupsi," tegas Sultan. BOLEH DIBACA DULU: ASN Mukomuko Wajib Bawa Lima Warga Ikut Vaksinasi

Terpisah, Asisten III Setdaprov Bengkulu, H. Gotri Suyanto mengapresiasi Raker yang digelar DPD bersama Pemda  tingkat provinsi ataupun kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

"Kita berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan. Karena kita meyakini manfaatnya sangat besar sekali. Terlebih dalam Raker tadi kita juga sempat membahas sejumlah persoalan yang dihadapi daerah," demikian Gotri. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: