Unib Persiapkan PTMT Tanggal 24 Januari 2022

Unib Persiapkan PTMT Tanggal 24 Januari 2022

90 % Mahasiswa Unib Sudah Vaksin Dosis Satu dan Dua

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Rektor Universitas Bengkulu, Dr Retno Agustina Ekaputri, M.Sc mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan Perkuliahan Tatap Muka Terbatas (PTMP) pada semester genap 2021/2022 atau pada 24 Januari 2021 ini.

"Mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan tatap muka terbatas, yakni hanya mahasiswa yang telah melakukan vaksinasi dosis pertama, dan dosis kedua," ujar Dr. Retno kepada RADAR BENGKULU kemarin, (9/1). Dijelaskannya, perkuliahan tatap muka dimulai pada semester genap 2021/2022 ini. Perkuliahan tatap muka tersebut, diutamakan bagi mahasiswa semester dua dan empat. Sebab mahasiswa tersebut belum pernah merasakan perkuliahan tatap muka.  BACA DULU: Pemprov Bengkulu Bersihkan Pantai Panjang

Terkait ruangan dapat digunakan perkuliahan, Retno mengatakan, sekitar 50 persen dari kapasitas gedung serta pihaknya akan menyiapkan tim satgas COVID-19 disetiap gedung pembelajaran untuk memantau aktivitas mahasiswa.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan aplikasi PeduliLindungi yang bertujuan untuk mengecek status vaksinasi mahasiswa. Saat ini, katanya, hampir 90 persen dari 20 ribu mahasiswa Universitas Bengkulu sudah mengikuti vaksinasi dosis pertama dan kedua. BACA JUGA: Ini Dia Orang Bengkulu Yang Tersangkut Namanya di Jalan (26)

"Meski perkuliahan akan digelar secara tatap muka, kami masih melaksanakan perkuliahan secara daring atau online," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Muhammad Lutfi Firdaus menyebutkan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan hal-hal yang harus dipenuhi untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka.

Terkait teknis pelaksanaan perkuliahan, dirinya terus berkoordinasi dengan dekan, dan staf di setiap fakultas untuk menyiapkan hand sanitizer, sabun cuci tangan, tempat cuci tangan dan SOP Protokol Kesehatan lainnya.

Hal tersebut dilakukan, guna menghindari penyebaran COVID-19 di kampus. Sehingga kampus tidak menjadi cluster penyebaran COVID-19 baru. Untuk mahasiswa dari luar Kota Bengkulu, akan diberikan pilihan. Yaitu mengikuti perkuliahan tatap muka dengan syarat harus sudah mengikuti vaksinasi.

"Selain perkuliahan tatap muka, kegiatan mahasiswa juga diperbolehkan dengan tetap menerapkan prokes dengan ketat," kata Lutfi Firdaus. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: