Warga Buang Sampah di Tempat Larangan

Warga Buang Sampah di Tempat Larangan

radarbengkuluonline.com, KEPAHIANG-Pemandangan tak sedap terlihat di jalan Lintas Kepahiang-Curup. Tumpukan sampah yang menggunung mengeluarkan bau tak sedap di daerah tersebut. Seperti disampaikan Iwan Pajri, Sekretaris Desa Ujan Mas Bawah, sampah yang sudah membusuk dan  tidak hancur itu berserakan. Baik itu sampah rumah tangga organik dan anorganik. Padahal di lokasi tersebut, juga tersedia spanduk yang bertuliskan larangan buang sampah di sepanjang jalan itu. Namun sayangnya, kalimat itu seakan tidak berlaku. BACA DULU: Harimau Masuk Pemukiman Warga di Malin Deman

“Akibat banyaknya sampah, membuat area tersebut yang berada di tepat pinggir jalan lintas itu berguyur terkikis. Bisa jadi akan terjadi longsor, jika masalah ini terus terjadi,” jelasnya kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Ia pun berharap agar, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang  dapat mengambil tindakan untuk mengatasi hal tersebut. “Mestinya dinas terkait benar-benar bertindak dan memberikan efek jera bagi pelaku pembuang sampah sembarangan ini. Karena belum ada tindakan keras dari Pemerintah terkait hal ini." tuturnya.

Sementara itu,  Kabid Kebersihan Pertamanan dan Pengelola Sampah Kepahiang, Yilian Syahri, AM, KL mengakui belum belum semua sampah diatasi dengan maksimal dibeberapa titik di Kabupaten Kepahiang. Diantaranya di Desa Despeta, Ujan Mas dan Durian Depun. "Ya, tahun ini sudah dimasukan dalam evaluasi kita. Jika nanti dana mencukupi, akan dilakukan pengawas di titik sampah ini. Selain itu, nanti kita juga bekerjasa sama dengan desa setempat. Kami dari DLH tidak bisa kerja sendiri tanpa adanya dukungan dari masyarakat." BACA JUGA: Sultan Belum Setuju Masa Jabatan Presiden Diperpanjang

Lanjutnya, tenaga kebersihan di Kabupaten Kepahiang, seluruhnya berjumlah sekitar 127 orang, jika kebersihan dipungut oleh DLH semua, mungkin tidak maksimal. Oleh karena itu,  perlu kerjasama dan dukungan dari masyarakat. ''Kami siap mengambil sampah sudah terkumpul ke lingungan masyarak, tetapi masyarakat juga harus membantu mengumpul sampah. Jangan membuang sampah sembarangan.'' (crv).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: