Mahasiswa UIN FAS Akan Dites Membaca Al-quran

Mahasiswa UIN FAS Akan Dites Membaca Al-quran

radarbengkuluonline.com, BENGKULU -  Pusat Studi Al-Quran dan Ibadah Kemasyarakatan (PUSQIK) UIN FAS Bengkulu dalam waktu dekat akan melaksanakan Tes Baca Al-quran untuk mahasiswanya. Rencananya, tes ini dilakukan pada 24 Januari - 4 Februari 2022.

Kepala Pusat Studi Al-Quran dan Ibadah Kemasyarakatan (PUSQIK), Drs. H. Rizkan Syahbudin, M.Pd (59) mengatakan, pihaknya akan mengadakan seleksi langsung Baca Al-Qur'an kepada mahasiswa sebagai syarat peserta KKN di tahun ini, terkhusus mahasiswa semester V (lima). "Didirikan PUSQIK ini untuk melihat seberapa jauh kemampuan mahasiswa ini dalam membaca Al-qur'an," ucapnya kepada radarbengkuluonline.com, Rabu (19/1). BACA DULU: Higure Ramen Hadir di Bencoolen Mall

Tanpa terkecuali, lanjutnya, semua mahasiswa semester lima nantinya akan mengikuti kegiatan ini. Sebelumnya pihak PUSQIK sudah mempersiapkan hal ini jauh hari agar berjalan dengan baik. "Setiap tahun kegiatan ini diadakan. In shaa Allah nanti Senin depan akan dibuka tes baru untuk baca Al-qur'an yang diikuti oleh semester lima, dari 4 fakultas."

Terlibatnya beberapa jajaran Civitas Akademika UIN FAS Bengkulu dalam hal ini menambah kesan penting tentang pelaksanaan tes baca Al-quran sebagai syarat KKN."Nanti juga ada dari Rektor, Warek I dan Warek III. Termasuk juga Kepala Biro yang nanti juga akan memberikan saran dan arahan." BACA JUGA: Helmi Hasan : Saya Minta Maaf Pak Gubernur

Untuk mengantisipasi adanya mahasiswa yang belum lulus tes baca Al-quran di tahap 1, pihak PUSQIK mengadakan tes susulan dengan waktu yang terbilang singkat dan cukup berbeda dengan tahun yang sebelumnya. "Tahun ini berbeda. Karena pada bulan April semua mahasiswa yang dinyatakan lulus tes baca Al-quran itu semua sudah di lokasi KKN," ucapnya.

Ia juga menuturkan, hendaknya mahasiswa benar-benar mempersiapkan tes ini, agar semuanya bisa mengikuti KKN tanpa adanya tes baca Al-quran yg bersifat susulan. Karena hal itu hanya bertahan sementara dan mereka menghafal karena ada tes seperti ini saja. Banyak manfaat dari membaca Al-quran. Baik manfaat di dunia maupun di akhirat. (Mg-2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: