PKS Kawal Program Pendidikan Gratis SMA/SMK

PKS Kawal Program Pendidikan Gratis SMA/SMK

Sujono : Surat Edaran Gubernur Sudah Tepat

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Program pendidikan gratis tingkat SMA/SMK dan SLB di Provinsi Bengkulu terus menjadi topik yang hangat dan enak disimak. Apalagi dipertanyakan oleh rombongan Forum Komite SMA/SMK se Provinsi Bengkulu.

Dukungan tersebut ternyata datang pula dari Ketua DPW PKS Provinsi Bengkulu, H. Sujono SP, M.Si. Beliau mengatakan selaku Parpol pengusung pertama Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang berpasangan dengan Wagub Rosjonsyah saat Pilgub Tahun 2020 lalu. PKS memastikan akan mengawal realisasi program pendidikan gratis ini. "Program pendidikan gratis ini, masuk dalam 18 program prioritas yang menjadi visi misi Rohidin-Rosjonsyah. Dan menjadi janji politik saat kampanye dulu, jadi harus direalisasikan," kata dia.

Apalagi adanya Surat Edaran (SE) Gubernur Bengkulu terkait larangan pungutan atau iuran sebab biaya sekolah sudah ditanggung oleh pemerintah, maka SE tersebut sudah benar. "SE itu merujuk pada peraturan yang lebih tinggi sebelumnya yaitu sesuai Keputusan Menteri," kata Sujono, saat diwawancarai sedang diruang Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Rabu (26/1).

BACA JUGA: Pendidikan Gratis SLTA Dilaksanakan Tahun 2022 Dijelaskan oleh Sujono. Kalau sekarang muncul rombongan forum komite sekolah yang bereaksi atas adanya SE Gubernur tersebut, maka sebenarnya hal itu masih bisa diluruskan. "Bisa saja, meskipun SE Gubernur menegaskan dilarang pungutan. Namun sumbangan untuk komite diperbolehkan, tapi jumlah sumbangan itu tidak tetap dan tidak berkelanjutan. Misalnya sekolah itu, mau ada kegiatan sementara dananya tidak ada. Maka komite boleh mengumpulkan sumbangan, dan jumlah sumbangan tidak boleh ditetapkan nominalnya. Sebatas kemampuan wali murid. Tapi kalau sumbangan itu, rutin setiap bulan dan besarannya misal Rp 150 ribu setiap bulan. Tentu ini dirasa memberatkan bagi wali murid dan kalau demikian artinya itu adalah iuran bukan sumbangan," jelas Sujono.

Sebagai Parpol pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur, terkait program sekolah gratis ini. PKS mendukung SE Gubernur agar sekolah bisa gratis. "Karena program ini sudah ditunggu oleh masyarakat. Kemudian kalau memang sekolah tidak bisa membayar honor GTT atau PTT maka kedepan, pihak sekolah sebagai satuan pendidikan wajib mengusulkan kebutuhan anggarannya agar dianggarkan oleh pemerintah, sehingga tidak perlu lagi sumbangan dari komite sekolah," tutup Sujono. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: