Nelayan PIM Gelisah Ulah Spesialis Garong “Bada Kariang”

Nelayan PIM Gelisah Ulah Spesialis Garong “Bada Kariang”

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Nelayan Pantai Indah Mukomuko, Kelurahan Koto Jaya, Kota Mukomuko dibuat gelisah oleh ulah garong "bada kariang" (sejenis ikan teri yang dikeringkan dengan cara dijemur). Diduga, saat ini berkeliaran spesialis pencuri alias garong "Bada Kariang" di wilayah pemukiman nelayan PIM.

Dapat dipastikan garong itu bukan sejenis kucing yang suka mencuri ikan. Namun diduga sesosok manusia. Sebab, nelayan yang kehilangan ikan kering ini bukan satu dua ons. Akan tetapi mencapai puluhan kilogram.

Silmi, warga PIM yang menjadi korban keganasan si tangan panjang ini menuturkan, ikan kering miliknya yang disimpan di gudang rumahnya hilang tanpa jejak. Diduga kuat itu akibat ulah si garong. "Kejadiannya malam tadi (Selasa malam, 25/1) sekitar 25 kilogram yang diambil," ungkap Silmi kepada radarbengkuluonline.com, Rabu (26/1).

Silmi diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 1 juta lebih. Sebab, ikan kering jenis bada ini dihargai Rp 40 ribu per kilogram oleh toke/pengepul. "Ikan saya kemarin itu belum terlampau kering. Tinggal jemur sehari lagi itu sudah bisa dijual. Makanya saya simpan dulu di gudang, eh malam kena maling," kesalnya.

Kata Silmi, ini bukan pertama kali warga PIM kehilangan ikan kering ini. Sebelum peristiwa yang ia alami, sudah ada warga lain yang menjadi korban si garong ini.

"Bukan pertama ini. Beberapa hari yang lalu adik saya juga jadi korban. Puluhan kilo juga hilang. Itu making apa gak mikir keringat orang. Sebetulnya ada orang yang kami curigai. Rencananya kami mau lapor penegak hukum," pungkasnya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: