Rugi Ratusan Juta, Wabup Arie Tinjau Lokasi Banjir

Rugi Ratusan Juta, Wabup Arie Tinjau Lokasi Banjir

Puluhan Rumah dan Akses  Jalan Terendam Banjir

radarbengkuluonline.com, ARGA MAKMUR - Curah hujan tinggi sejak Sabtu sore (05/02/2022) hingga Minggu pagi (06/02/2022) yang menguyuri Bumi Ratu Samban Bengkulu Utara kembali mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor di sejumlah  daerah di wilayah Bengkulu Utara.

Khusus di Kecamatan Batik Nau, Bengkulu Utara terpantau banjir mengakibatkan puluhan unit rumah warga terendam dan mengakibatkan akses jalan nasional menjadi lumpuh total diakibatkan oleh genangan air.

Data yang berhasil di himpun, banjir kali ini terparah sejak beberapa tahun terakhir yang mana kali ini cukup banyak yang terdampak. Yakni Desa Batik Nau sebanyak 85 unit rumah, 4 Ha sawah dan 4 Ha kolam ikan, Desa Bintunan 39 unit rumah, Desa Suka Marga 2 unit rumah, Desa Pagar Ruyung 37 unit rumah dan 3 ekor sapi hanyut, Desa Ulak Tanding 10 unit rumah, Desa Taba Kulintang 9 unit rumah dan Desa Samban Jaya 40 Ha sawah yang terendam banjir. Yang semuanya di tafsir kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Sekdes Batik Nau,  Alexander yang di hubungi via telepon mengatakan, air mulai naik sekitar pukul 02.45 dini hari yang membuat warga masyarakat tidak bisa menyelamatkan barang berharga miliknya hingga terjadi kerugian. "Air naik dini hari dek. Banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga miliknya," ujar Alex.

Ditambahkan  Sekdes Bintunan, Andri Joharmansyah, banjir kali ini mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Apalagi banyak sawah yang juga terendam banjir. "Kalau desa kita 37 unit rumah yang terendam dek. Kerugian puluhan juta. Karena, air naik dini hari jadi masyarakat banyak yang tidak bisa menyelamatkan barang barang berharga mereka. Terutama alat elektronik banyak yang rusak," kata Andri.

Sementara itu terpantau di sore hari pasca kejadian banjir yang melanda Bumi Ratu Samban Bengkulu Utara, terutama Kecamatan Batik Nau, Wabup Arie Septia Adinata, SE. M. Ap didampingi Camat Batik Nau, Sabani,SH turun langsung bersama TNI-Polri memantu kondisi terkini di lokasi pasca terjadinya banjir.

"Kita datang untuk mengetahui kondisi terkini masyarakat yang terdampak banjir. Semoga semuanya sehat -sehat saja. Kita juga telah berkoordinasi ke Dinas terkait untuk segera melakukan pendataan dan memberi bantuan kepada sanak keluarga kita yang terkena musibah banjir hari ini," ujar Wabup Arie SA didampingi Camat Sabani. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: