Tekan Banyaknya Gepeng, Satpol PP Lakukan Patroli

Tekan Banyaknya Gepeng, Satpol PP Lakukan Patroli

radarbengkuluonline.com, BENGKULU – Gelandangan dan pengemis atau biasa disebut dengan orang Gepeng sudah tidak asing lagi didengar bagi masyarakat Kota Bengkulu. Karena, mereka banyak terlihat di disetiap persimpangan lampu merah di Kota Bengkulu, baik itu manusia silver, manusia kostum, pengemis renta, pengamen dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk mencegah bertambahnya dan mengurangi orang Gepeng, Satpol PP Kota Bengkulu melakukan patroli di berbagai titik lampu merah. Salah satunya tadi di Jalan Hibrida, Kelurahan Sido Mulyo, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

Dandru 1 Satpol PP Kota Bengkulu, Husni menuturkan, pada hari ini tim Satpol PP Kota melaksanakan patroli rutin dalam rangka melakukan sosialisasi orang gepeng, termasuk manusia silver, manusia kostum, pengemis renta, dan lain-lain.

“Kita hari ini melakukan patroli rutin sosialisasi gepeng, pengemis, termasuk yang manusia silver. Sifatnya sekarang imbauan sosialisasi,” tutur Husni kepada radarbengkuluonline.com Selasa, (08/02/2022).

Kemudian ia menyampaikan juga, bahwa kegiatan patroli ini dilakukan secara rutin setiap hari dari Satpol PP Kota Bengkulu. Sosialisasi yang bersifat persuasif ini dilakukan di berbagai titik, terutama di jalan-jalan protokol di Kota Bengkulu. “Sosialisasi berupa imbauan secara persuasif dilakukan pagi, siang dan sore hari. Ini rutin setiap hari. Titiknya di jalan protokol, nanti seluruh perempatan lampu merah kita patroli dan bahkan kita standbay disana,” kata Husni.

Walaupun sudah dilakukan sosialiasi secara rutin, namun masih saja orang-orang gepeng ini sulit untuk mengikuti arahan tersebut. Dikarenakan, sulitnya lapangan pekerjaan dalam situasi sekarang ini. Akan tetapi juga, ada beberapa mereka yang mengikuti arahan dan imbauan. “Kita anjurkan supaya tidak ada kegiatan minta-minta dijalan lagi.”

Dengan diadakannya patroli dan sosialisasi secara rutin yang dilkakukan oleh tim Satpol PP Kota Bengkulu, diharapakan mampu menekan aktivitas orang-orang dengan kegiatan minta- minta di jalan. Terutama di jalan protokol. Namun Husni mengaku, Satpol PP hanya bisa melakukan sosialisasi saja, dan untuk lebih lanjutnya. Kemungkinan ada dinas terkait yang bisa membantu akan masalah ini. “Tujuan dari sosialiasi ini, untuk mengantisipasi gepeng. Harapanny supaya orang-orang gepeng untuk di Kota Bengkulu tidak ada lagi. Mungkin bisa dari dinas terkait, kalau kita hanya bisa melakukan sosialisasi,” tutur Husni.  (Mg-4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: