Semakin Dipercaya, BRI Link Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat Bengkulu

Semakin Dipercaya, BRI Link Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat Bengkulu

 radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Masyarakat di Provinsi Bengkulu merasakan manfaat keberadaan agen BRI Link yang banyak tersebar di 10 kabupaten kota se Provinsi Bengkulu. Sementara itu, Wendi Hendra salah seorang warga Kota Bengkulu yang merasakan manfaat BRI Link mengatakan, ia menggunakan BRI Link untuk kebutuhan transfer dan tarik tunai.

Menurutnya, selain dekat dari rumah, pelayanan agen BRI Link hingga malam, membuat warga nyaman melakukan transaksi keuangan. "Untung ada BRI Link, setoran uang bisa malam hari. Tidak lagi ke bank, nunggunya besok pula," terangnya, kepada radarbengkuluonline.com Senin (14/2).

Dijelaskan, sebelum ada agen branchless banking milik BRI atau agen BRI Link, warga terpaksa harus ke bank bila ingin menyetor uang usaha atau proses pembayaran cash on delivery (COD).

Sementara itu, Yuda pemilik Agen BRI Link di Kelurahan Kebun Tebeng, Kota Bengkulu mengatakan, dengan adanya BRI Link semakin memudahkan warga bertransaksi. Termasuk transaksi dimalam hari. Penyetoran dana bisa dilakukan di malam hari. "Kalau BRI Link kita bukanya sampai malam hari," ungkap Yuda.

Dijelaskan, manfaat BRI Link membantu warga dalam proses pembayaran dan menyetor uang usaha jarak jauh. "Pembayaran COD misalnya bisa di bayar melalui BRI Link," katanya.

Diimasa pandemi Covid-19 ini, katanya,  ada peningkatan proses pembayaran COD dibanding sebelumnya. Saat banyak orang memilih transaksi online daripada mendatangi kerumunan ke pasar. Harga pesanan juga kadang lebih murah dari pesanan lewat online. "Saat pandemi seperti sekarang ini semuanya serba terbatas pesanan online atau marketplace menjadi pilihan yang tepat saat ini," jelasnya.

Menurutnya, manfaat BRI Link tidak hanya dirasakan masyarakat, dengan banyaknya berdiri BRI Link dapat menyerap tenaga kerja baru. "Adanya BRI Link ini, termasuk upaya menambah lapangan kerja baru bagi masyarakat," tegasnya.

Terpisah, Pimpinan Cabang BRI Bengkulu, Ronaldo Nasution menjelaskan, seluruh agen BRILink di Provinsi Bengkulu tetap melayani transaksi perbankan masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Diterangkan, saat masyarakat takut untuk ke luar rumah karena Covid-19, masih ada beberapa profesi yang tetap beraktivitas di luar rumah demi melayani kebutuhan orang banyak.

"Salah satunya adalah Agen BRILink yang tersebar di seluruh pelosok wilayah Provinsi Bengkulu yang terus membantu transaksi perbankan di masyarakat," paparnya.

Dijelaskan, agen BRILink adalah layanan branchless banking yang merupakan salah satu inovasi Bank BRI mendorong inklusi dan literasi keuangan.  BRILink merupakan salah satu layanan BRI yang bertujuan memperluas layanan melalui nasabah.

Caranya, lanjut dia, dengan menjadikan nasabah sebagai agen BRILink atau kepanjangan tangan Bank BRI. Nantinya, sambungnya, agen ini dapat melayani transaksi perbankan secara real time online, dengan menggunakan fitur EDC miniATM dan BRILink mobile berbasis android dengan konsep sharing fee. "Agen BRILink tidak hanya menyediakan layanan transaksi perbankan semata, tetapi juga memfasilitasi masyarakat yang ingin mendapatkan akses layanan asuransi mikro," jelasnya.

Ditambahkan, melalui agen BRILink, masyarakat bisa melakukan beragam transaksi. Seperti transfer ke sesama BRI, ke bank lain, dan sebaliknya, setor dan tarik tunai, pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, setoran pinjaman, top up BRIZZI, dan info saldo. "Ada sejumlah keunggulan yang akan didapatkan jika menjadi agen BRILink. Yaitu, bisa dimulai tanpa modal dan bebas biaya sewa," pungkasnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: