Alasan Dua Ayat Al-Quran Ini Dibacakan Saat Paripurna Istimewa HUT ke-19 Mukomuko

Alasan Dua Ayat Al-Quran Ini Dibacakan Saat Paripurna Istimewa HUT ke-19 Mukomuko

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Salah satu susunan acara Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam rangka Hari Jadi ke-19 Kabupaten Mukomuko pada Kamis (24/2/2022) yakni pembacaan Kalam Ilahi, Kitab Suci Al-Qur'an. Seorang Qori bersuara merdu,  Ustadz Nofriando, S.Pd dipercaya untuk membacakan Ayat Suci Al-Qur'an pada saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Mukomuko itu.

Ustadz Nofriando membacakan dua ayat Al-Qur'an dari dua surat berbeda. Lantunan dua ayat Al-Quran yang dilantunkan merdu olehnya membuat semua hadirin di ruang rapat menghayati dengan khusyuk. Ini menambah suasana khidmat jalanya rapat paripurna.

Ayat Al-Quran yang dibacakan oleh Ustadz Nofriando yaitu Surat Ali' Imran Ayat 101 dan Surat Al-Mujadalah Ayat 11. Ketika dikonfirmasi radarbengkuluonline.com usai acara tadi siang, ia menjelaskan kenapa memilih dua ayat tersebut yang dibacakan dalam Rapat Paripurna HUT Kabupaten Mukomuko.

Ustadz Andi - sapaan akrabnya - menuturkan, Surat Ali'Imran Ayat 101 bermakna Al-Qur'an dan Rasul adalah petunjuk bagi umat manusia.

Adapun terjemahan ayat ini yaitu, "Dan bagaimana kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan Rasul-Nya (Muhammad) pun berada di tengah-tengah kamu? Barangsiapa berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sungguh, dia diberi petunjuk kepada jalan yang lurus."

Kemudian, Surat Al-Mujadalah Ayat 11 dipilih karena mengandung makna yang sesuai dengan suasana majelis rapat paripurna. Sebab ayat tersebut memerintahkan umat untuk berlapang di dalam majelis-majelis.

Terjemahan dari Surat Al-Mujadalah Ayat 11 yaitu, "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan." (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: