Wagub Rosjonsyah Sambangi Desa Marga Sakti

Wagub Rosjonsyah Sambangi Desa Marga Sakti

radarbengkuluonline.com, ARGA MAKMUR - Wakil Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rosjonsyah, S. Ip, M. Si selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Provinsi Bengkulu melakukan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Bengkulu Utara bersama dengan rombongan. Kunjungan kerja ini dalam rangka koordinasi percepatan penanggulangan kemiskinan ini dilakukan Rabu (9/3).

Kunjungan kerja Wagub Rosjonsyah tersebut di sambut langsung oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian bersama Wabup Arie Septia Adinata, SE. M. Ap, Sekda Dr. Haryadi, S. Pd. MM. M. M. Si dan turut di hadiri kepala OPD terkait. Wagub Rosjonsyah, S.IP, M.Si dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, dalam hal ini Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Bengkulu Utara yang telah berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga pada angka 11,61%. Kabupaten Bengkulu Utara meraih peringkat 1 tingkat Provinsi Bengkulu dan peringkatan 16 Tingkat Nasional.

“Pertama, apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, dalam hal ini TKPKD telah berupaya menurunkan angka kemiskinan hingga 11,61%, tentu hari ini sasarannya tidak di sini, tetapi di tempat yang tingkat kemiskinannya ekstrem. Tentunya saya akan mendengar strategi dan program Bengkulu Utara, sehingga berhasil menurunkan angka kemiskinan. Ini tidak mudah dicapai tanpa adanya kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan jajarannya,” sampai Wagub Rosjonsyah.

Bupati Bengkulu Utara menyampaikan apresiasi atas kunjungan kerja Wagub Rosjonsyah beserta rombongan. Upaya yang telah dilakukan oleh Pemda Kabupaten Bengkulu Utara dalam meningkatkan hingga dikontrol secara langsung program penanggulangan kemiskinan.

“Kolaborasi Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi, kita apresiasi Kabupaten Bengkulu Utara menjadi titik kunjungan pertama Wagub selaku Ketua TKPKD Provinsi Bengkulu. Untuk strategi Kabupaten Bengkulu Utara dalam percepatan penanggulangan kemiskinan telah dibuat oleh Ketua TKPKD Bengkulu Utara Gerakan Penangkis, yaitu Program Gerakan Penanggulangan Kemiskinan (Gardu Penangkis) di Bengkulu Utara," tegasnya Bupati Mian. Sementara itu Wabup Arie Septia Adinata SE, M. Ap selaku Ketua TKPKD Bengkulu Utara menyampaikan bahwa atas koordinasi dan kolaborasi bersama jajaran OPD terkait dan adanya validasi data melalui program “Penangkis,” sehingga Kabupaten Bengkulu Utara mampu menurunkan angka kemiskinan.

“Atas nama Pemda kita merasa bangga, merasa semangat atas kehadiran Wagub, menyamakan persepsi untuk menanggulangi kemiskinan ini menjadi tugas kita bersama. Grafik penurunan angka kemiskinan cukup baik setiap tahunnya. Titik pada tahun 2021 meskipun pada masa Pandemi covid-19, kita Kabupaten Bengkulu Utara dapat menurunkan angka kemiskinan pada angka 11,601%,” tegas Arie SA.

Usai melakukan rapat bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, Wakil Gubernur Rosjonsyah selaku Ketua TKPKD Provinsi Bengkulu menyambangi Desa Marga Sakti, Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara dalam meninjau program daerah Kabupaten Bengkulu Utara secara langsung, menampung aspirasi pembangunan dan percepatan penurunan angka kemiskinan melalui Program Gerakan Gardu Penangkis.

Dalam kegiatan ini Wagub Provinsi Bengkulu Dr. H .Rosjonsyah, S.IP, M.Si melihat dan bertanya secara langsung kepada unsur kepengurusan desa di Marga Sakti, tentang program dan upaya apa yang mereka lakukan, sehingga dapat membantu masyarakat setempat dalam bidang pelayanan dan adanya beberapa masyarakat yang memiliki kesadaran tentang haknya mendapatkan bantuan pemerintah.

“Hasil peninjauan dan kunjungan kerja saya hari ini, pembenaran terkait apa yang menjadi pemicu kuat Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara mengalami penurunan angka kemiskinan setiap tahunnya adalah program serta kolaborasi pemerintah dan penerima bantuan yang tepat sasaran, melalui operator yang ada. Masyarakat dapat melaporkan status ekonominya, dari yang mendapatkan bantuan hingga merasa ekonominya sudah baik dan tidak mau lagi menerima bantuan tersebut,” ujarnya.

Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Wabup Arie Septia Adinata sebagai Ketua TPKAD Kabupaten Bengkulu Utara yang telah berhasil menangani percepatan angka kemiskinan, dapat disampaikan ke kabupaten lain. Camat Padang Jaya, Maman Suherman, S. STP yang turut mendampingi Wagub Rosjonsyah dan Wabup Arie Septia Adinata selaku Ketua TKPKD Provinsi dan Ketua TKPKD Kabupaten mengucapkan terimakasih nya atas kunjungan ke Desa Marga Sakti.

"Terimakasih atas kunjungan Bapak Wagub dan Bapak Wabup selaku Ketua TKPKD Provinsi dan Ketua TKPKD Kabupaten, semoga ke depan Kabupaten Bengkulu Utara dapat terus menoreh prestasi dalam menurunkan angka kemiskinan," sampai Camat Maman Suherman. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: