Bupati Mian Lantik Dewan Hakim Saat Buka MTQ Tingkat Kabupaten BU

Bupati Mian Lantik Dewan Hakim Saat Buka MTQ Tingkat Kabupaten BU

radarbengkuluonline.com, ARGA MAKMUR - Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara dalam hal ini melaksanakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke XXXV Tingkat Kabupaten, di Masjid Agung Baitul Makmur BU, Selasa (15/03/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Ir. H. Mian yang turut dihadiri Kepala Kemenag BU Ajamalus, MH, Dandim 0423 BU, perwakilan Polres BU, Perwakilan DPRD BU, Ketua MUI BU, perwakilan Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, Forkopimda BU, perwakilan OPD, Para Camat, Panitia Pelaksana, Pengurus Masjid Agung dan para peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) 19 Kecamatan se Bengkulu Utara.

Bupati Mian dalam kesempatan tersebut menegaskan bahwa 16 dewan hakim sebagai dewan juri yang dilantik dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) diharapkan mampu memberikan nilai yang objektif dan adil, dengan berkontribusi bersama Pemerintah Daerah Bagian Kesra dan Kemenag, selain dapat mengemban tugas tersebut, bersama kita tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan, agar dapat melaksanakan kegiatan ini secara baik.

“Pertama saya sampaikan apresiasi atas kolaborasi antara Pemerintah Daerah Bagian Kesra dengan Kemenag. Hari ini Qori/Qoriah dari semua tingkatan sekitar 400 orang dapat hadir untuk melaksanakan kompetisi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) untuk membangun nilai-nilai Al Qur’an. setelah 2 tahun kita dilanda pandemi, karena persyaratannya vaksinasi sudah mencapai 90% atas kerja sama antara Pemerintah Daerah bersama Forkopimda, kita bisa laksanakan dengan tetap mematuhi Prokes,” jelas Bupati Mian.

Beliau menyampaikan harapannya agar dapat menjadikan Al-qur'an melekat dalam kesatuan pikiran dan tindakan kita untuk dipelajari, diamalkan menjadi pedoman hidup.

"Dewan hakim sebagai dewan juri agar memberikan penilaian kepada anak anak kita sebagai peserta secara objektif, sehingga mendapatkan qori/qoriah yang mumpuni dapat menjadi referensi untuk mengikuti lomba di Tingkat Provinsi. Target kita 2024 bisa menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi," tegas Bupati Mian.

Sementara itu Kepala Kemenag BU, Drs H. Ajamalus, MH selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa MTQ ke -35 dilaksanakan pada tanggal 15-17 Maret 2022 dengan 6 cabang yang menjadi fokus perlombaan. Lomba ini diikuti oleh peserta, agar kita dapat menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi.

“Acara MTQ ke -35 dilaksanakan pada 15-17 Maret 2022. Ada 6 Cabang yang diperlombakan. Yaitu Fahmil Qur'an, Hifzil Qur'an, Khattil Qur'an, Syarhil Qur'an, Tartil Qur'an, Tilawatil Qur’an dengan diikuti oleh 354 peserta kafilah-kafilah dari 19 Kecamatan di Kabupaten BU,” jelasnya. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: