Kemenag Benteng Percepat Digitalisasi Data Layanan KUA

Kemenag Benteng Percepat Digitalisasi Data Layanan KUA

radarbengkuluonline.com, BENTENG – Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai representasi Kementerian Agama di Tingkat Kecamatan tidak mengabaikan teknologi digital yang semakin berkembang pesat.

Apalagi hal ini menjadi salah satu fokus utama dari program Revitalisasi KUA milik Kementerian Agama (Kemenag) yang mulai dicanangkan sejak tahun lalu. Melalui Seksi Bimas Islam, Kantor Kemenag Bengkulu Tengah menggelar kegiatan berupa Bimbingan Teknis (Bimtek).

Kegiatan yang bertemakan “Kita Wujudkan Pelayanan Maksimal Yang Akuntabel dan Transparan” tersebut diikuti seluruh Kepala KUA Kecamatan di Kabupaten Bengkulu Tengah beserta operator dan dihadiri serta dibuka langsung Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Tengah, H.Sipuan,S.Ag,MM.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Tengah, Sipuan mengatakan, bahwa digelarnya kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan terciptanya pelayanan prima pada KUA Kecamatan di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Menurutnya, semakin hari teknologi informasi semakin berkembang dan canggih. Sehingga, harus di kaji, dipahami, dipelajari dengan baik, agar bisa mengikuti dan bisa melayani masyarakat secara prima dengan pelayanan sebaik–baiknya.

"Melalui layanan digital yang tersedia di KUA nantinya, masyarakat tidak perlu bolak-balik datang ke KUA. Cukup dengan mengisi data pada layanan online yang tersedia. Setelahnya, masyarakat hanya perlu melengkapi dokumen yang dibutuhkan," katanya.

Ditambahkan, transformasi sektor layanan pada lembaga KUA diharapkan dapat ditingkatkan baik dari segi profesionalitas, akuntabilitas, transparansi, maupun efisiensi waktu sehingga terjamin kepastian pemenuhan layanan bagi masyarakat.

"Saya berharap setiap operator KUA memiliki kemampuan yang teruji dan dapat diukur. Sebagai pelayan publik, setiap operator pada KUA mesti menguasai IT demi menjawab perkembangan zaman," pungkasnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: