Musyaffa: Ada Yang Tidak Lulus Magang Profesi KPI

Musyaffa: Ada Yang Tidak Lulus Magang Profesi KPI

radarbengkuluonline.com, BENGKULU – Seminar hasil magang Profesi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jurusan Dakwah, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dilaksanakan di Masjid Al-Faruq UIN FAS Bengkulu, Jumat (25/03/2022).  Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Dakwah Wira Hadikusuma, M.S.I, Sekretaris Jurusan Pebri Prandika Putra, M.Hum, Koordinator Prodi Musyaffa, M.Sos, Tim Penguji, dan Peserta Magang Profesi semester 6, serta partisipan seminar dari mahasiswa/i Prodi KPI semester 4.

Koordinator Prodi Musyaffa, M.Sos yang juga Tim Penguji menuturkan bahwa magang profesi ini bertujuan untuk mensosialisasikan proses kerja peserta magang. Selain itu, berguna untuk memberikan kesempatan bagi peserta magang profesi dalam menjelaskan atau memaparkan hasil capaian mereka selama magang 2 bulan. “Tujuannya itu untuk mensosialisasikan kerja selama magang, memuat capaian dan proses yang telah dilakukan”, tutur Musyaffa.

Seminar Magang Profesi ini berisikan penyampaian kegiatan dan hasil capaian selama magang. Setidaknya terdapat 6 kelompok pada 6 lembaga pemberitaan yang diseminarkan. Dalam menyampaikan hasil capaiannya, peserta Magang Profesi diberikan batas waktu maksimal 7 menit. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Presentasi Seminar Hasil dilakukan secara acak. Mulai dari kelompok 1 di Surat Kabar Harian Bengkulu Ekpress, kelompok 5 di KPID Bengkulu, kelompok 3 di LPS BE TV, kelompok 6 di Bengkulutoday.com, kelompok 4 di Berandang.com dan kelompok 2 di Surat Kabar Harian RADAR BENGKULU.

Magang Profesi ini merupakan matakuliah keahlian dengan bobot 6 SKS yang wajib diambil oleh mahasiswa/i Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam semester 6 UIN FAS Bengkulu. Setelah berakhirnya Magang Profesi Tahun ini, Musyaffa menegaskan bahwa terdapat peserta magang yang dinyatakan tidak lulus. Hal ini, dikarenakan peserta tersebut tidak mengikuti magang dengan baik.

“Jumlah mahasiswa magang ada 58 orang. Namun, ada beberapa peserta Magang Profesi yang mengulang lagi nantinya. Ini karena tidak mematuhi tata tertib peserta Magang Profesi. Ciri-cirinya tidak mendapat nilai dari Dosen Pembimbing Lapangan, Pamong dan juga Panitia Pelaksana Magang Profesi. Mereka akan mengulang di tahun depan, ''tegasnya.

Selain itu, dengan adanya Seminar Hasil Magang Profesi diharapkan mahasiswa/i semester 4 Prodi KPI sudah bisa memperoleh gambaran Magang Profesi. Sehingga, mereka mampu mempersiapkan diri lebih matang dari sekarang untuk mengikuti Magang Profesi di Tahun berikutnya. “Saya berharap  mahasiswa/i semester 4 ini, mampu memperoleh gambaran Magang Profesi nantinya. Dengan demikian, mereka sudah bisa mempersiapkan diri saat Magang Profesi nantinya.”(Mg-4/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: