Ini Dia Keistimewaan Bulan Ramadan

Ini Dia Keistimewaan Bulan Ramadan

radarbengkuluonline.com, JAKARTA - Banyak sekali keutamaan serta keistimewaan pada bulan Ramadan yang disiapkan Allah untuk orang-orang yang beriman dan bertaqwa. Saking besarnya keutamaan bulan penuh ramat, berkah dan ampunan ini, Rasulullah sampai bersabda yang pada intinya menyatakan, manusia ingin sepanjang tahun berubah menjadi bulan Ramadan seandainya mereka mengetahui keutamaan di dalamnya.

Ustad Solmed mengatakan, salah satu keutaman bulan Ramadan adalah dilipatgandakannya pahala. Amal kebaikan yang dikerjakan pada bulan ini, Allah memberikan ganjaran lebih besar dibandingkan amalan yang sama tapi dilaksanakan di luar bulan Ramadan.

“Salah satu keutamaan Ramadan, pahala dilipatgandakan. Yang sunah mendapat pahala seperti wajib, yang wajib dilipatganda. Begitu juga dengan sedekah, baca Alquran pahalanya berlipat ganda,” kata Usta Solmed kepada JawaPos.com Jumat (8/4).

Pahala orang yang melaksanakan ibadah puasa juga sangat besar. Menurut Ustad Solmed, saking besarnya pahala yang disiapkan Tuhan kepada orang yang berpuasa, Tuhan langsung yang akan memberikan ganjarannya.

“Orang yang berpuasa, pahala hanya Allah yang tahu saking tidak bisa terhitung dengan jumlah. Hitungan itu hanya Allah yang tahu. Firman Allah, puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya, wa ana ajzi bihi,” jelasnya.

Ada dua kebahagiaan bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Pertama, ketika berbuka puasa. Kedua, nanti ketika berjumpa dengan Allah. Menurut Ustad Solmed, Allah menyiapkan tempat khusus bagi orang orang yang melaksanakan ibadah puasa dengan penuh keimanan.

''Dan surga orang yang berpuasa juga surga yang khusus jalurnya,” ucapnya.

Dia juga mengatakan, sebaiknya kita memperbanyak ibadah sunah di bulan Ramadan. Misalnya memperbanyak melaksanakan salat sunah. Karena salat sunah pada bulan ini bisa menambal kekurangan kekurangan dalam salat wajib yang kita kerjakan.

Ustad Solmed juga menganjurkan untuk melaksanakan sedekah dan membaca Alquran di bulan Ramadan. Karena terdapat pahala besar pada dua ibadah tersebut. Selain itu, dia juga menyarankan untuk meninggalkan perbuatan yang tidak ada gunanya selama bulan Ramadan.

“Perbuatan yang sia sia ditinggalkan, yang dosa ditinggalkan. Karena Ramadan bulannya orang orang pilihan, makanya dalam Alqur’an Allah memaanggil dengan panggilan kasih sayang, panggilan cinta,” paparnya.(JP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: