Jurnalis Harian RADAR BENGKULU Raih Beasiswa S2 BRI Fellowship Journalism 2021

Jurnalis Harian RADAR BENGKULU Raih Beasiswa S2 BRI Fellowship Journalism 2021

 

Seleksi Diikuti 972 Jurnalis se-Indonesia

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Jurnalis Harian RADAR BENGKULU Agustian berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan magister (S2) BRI Peduli melalui program BRI Fellowship Journalism 2021.

Hasil seleksi diumumkan panitia pelaksana di Jakarta sejak Selasa (5/4) di laman https://bri.co.id/fellowshipjournalism. Sedangkan untuk pengukuhan penerima beasiswa S2 BRI dilakukan secara simbolis melalui perwakilan jurnalis yang mendapatkan beasiswa S2 dari program BRI Fellowship Journalism 2021 di kantor BRI Pusat di Jakarta, Kamis (7/4).

Sedangkan sebagian peserta yang mendapatkan beasiswa mengikuti acara pengukuhan secara daring karena mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Sementara itu, Agustian, jurnalis Harian RADAR BENGKULU yang mendapatkan beasiswa S2 BRI menjelaskan, proses seleksi BRI Fellowship Journalism digelar sejak 2021.

Diterangkan dia, tercatat ada 972 jurnalis se-Indonesia dari berbagai media massa nasional dan daerah yang mengikuti seleksi program BRI Fellowship Journalism 2021, baik media cetak, online, TV dan radio dengan total karya yang dikirim ke panitia sebanyak 1.170 karya feature.

"Prosesnya panjang dan cukup melelahkan. Dari 972 jurnalis yang mendaftar lalu disaring melalui seleksi administrasi dan karya berupa feature, yang lolos sebanyak 158 jurnalis. Dari 158 jurnalis itu kemudian diseleksi lagi, dan yang lolos hanya 58 wartawan yang masuk tahap seleksi Journalist On Site Fellowship BRI 2021," ungkap Agustian, Minggu (10/4).

Ditambahkan, sebanyak 58 wartawan yang masuk tahap Journalist On Site Fellowship ini selanjutnya tiap bulan diminta membuat berita sebanyak 12 buah dan 2 buah feature terkait UMKM yang berhasil bangkit dari pandemi Covid-19 beserta peran BRI didalamnya.

"Untuk tahap Journalist On Site dilaksanakan selama dua bulan, yakni bulan Februari hingga Maret, total ada lima tahapan seleksi," jelasnya.

Ditambahkan, setelah seleksi berjalan selama 2 bulan program ini ditutup pada tanggal 24 Maret 2022. Tim juri dari internal BRI dan eksternal mulai bekerja dan meneliti serta mengevaluasi karya setiap jurnalis yang masuk. Tak lama kemudian, tim juri dan mentor BRI memutuskan 36 jurnalis lolos seleksi penerima beasiswa S2 BRI Fellowship Journalism 2021. Salahsatunya jurnalis Harian RADAR BENGKULU Agustian.

"Alhamdulillah ini berkah di bulan suci Ramadhan. Terima kasih BRI atas beasiswa yang diberikan, semoga saya dan teman-teman yang berkesempatan mendapatkan beasiswa bisa mengemban amanah ini dengan baik," ujar pria yang pernah mendapatkan Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP) BNPB selama dua tahun berturut-turut ini, yakni tahun 2020 dan 2021.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada GM Harian RADAR BENGKULU Pak Syah Bandar yang terus mensupport untuk mengikuti program ini," tambahnya.

Terpisah, Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan sebanyak 36 jurnalis yang mendapatkan beasiswa kuliah S2 BRI bebas mendaftar di Universitas Negeri di seluruh Indonesia dengan minat dan jurusan yang sesuai dengan keinginannya tanpa harus pusing memikirkan biaya.

"Selamat bagi para penerima beasiswa. Mereka adalah agen perubahan yang mengedukasi dan memotivasi publik, membangun semangat optimisme kebangkitan UMKM Indonesia," kata Aestika dalam acara penyerahan beasiswa Journalist Scholarship Award secara simbolis.

Aestika menjelaskan BRI terus berkomitmen untuk mendorong pemulihan UMKM yang terdampak pandemi, memajukan UMKM agar naik kelas, mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Ditambahkan, melalui BRI Fellowship Journalism 2021, BRI melibatkan jurnalis sebagai agen perubahan melalui peningkatan peran pers sebagai institusi dengan fungsi edukasi dan motivasi publik, membangun semangat optimisme kebangkitan UMKM Indonesia.

"Pemberian Beasiswa BRI Peduli kepada para jurnalis ini diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi para jurnalis yang bercita-cita melanjutkan pendidikannya tetapi terkendala oleh pandemi," kata Aestika.

"Bagi yang belum mendapatkan beasiswa jangan berkecil hati. Sebab karya-karya rekan jurnalis sesungguhnya telah berbuah optimisme kebangkitan perekonomian Indonesia, khususnya terkait UMKM," pungkasnya. Tampak hadir dalam acara kemarin Roma Jaka Permata Simanjuntak Department Head Corporate Communication BRI, Dinne Shovia Tresna Amalia Department Head CSR BRI, Natalia Christanto Team Leader Corcom BRI dan Ganjar Nugraha Team Leader CSR BRI. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: