Perbaikan Jembatan Selagan Raya Tuntas

Perbaikan Jembatan Selagan Raya Tuntas

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Rusaknya salah jembatan penghubung jalan poros di Kecamatan Selagan Raya pada hari Minggu (17/4) lalu, sempat mengganggu aktivitas masyarakat sekitar. Jembatan tidak dapat dilewati kendaraan. Akses masyarakat jadi terhambat.

Namun syukur, kejadian itu tidak berlangsung lama. Tim dari Dinas PUPR berupaya keras melakukan perbaikan secepat mungkin siang dan malam. Dan pada Senin (18/4) dini hari atau tak sampai 24 jam, jembatan sudah dapat dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Alhamdulillah selesai. Sudah bisa dilewati. Senin subuh lah, dini hari perbaikan selesai," sampai Kabid Bina Marga Dinas PUPR Mukomuko, Budiarto, ST ketika dihubungi radarbengkuluonline.com, Senin.

Menurut Budi, kerusakan jembatan tersebut memang cukup parah. Bukan hanya papan lantainya yang sudah lapuk. Besi Gelagar atau kerangka jembatan juga ada yang patah. Kendati demikian, kata Budi, Bupati memerintahkan, untuk segera diperbaiki. Sebab, jembatan itu berada di jalan poros yang menjadi akses utama masyarakat Selagan Raya. "Kerangka besi atau gelagarnya sudah kita sambung, kita las. Lantainya juga sudah kita ganti semua dengan papan baru. Kendaraan sudah bisa lewat," sampai Budi.

Meski demikian, Budi selalu mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang memiliki mobil untuk pengangkut buah sawit agar tidak membawa muatan melebihi kapasitas jembatan. Karena kalau jembatan tersebut selalu dilintasi dengan mobil bermuatan melebihi tonase, pihaknya tidak bisa menjamin lantai jembatan itu bisa bertahan lama. "Mari kita jaga dan rawat bersama-sama agar jembatan itu tetap kuat dan bertahan lama dengan tidak membawa muatan melebihi kapasitas," imbaunya.

Ia berharap, tahun mendatang jembatan tersebut dapat ditingkatkan menjadi jembatan beton. Atau minimal lantainya diganti plat besi. Akan tetapi semua itu butuh dukungan anggaran. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: