Kominfosan Kota Ikut Bimtek Zoom Meeting TV Analog

Kominfosan Kota Ikut Bimtek Zoom Meeting TV Analog

radarbengkuluonline.com,BENGKULU - Sekdis Kominfo Kota Bengkulu, Garda Reputra didampingi Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Nugroho Tri Putra dan Kasi Layanan E-Goverment Dedy Pardiansyah mengikuti zoom meeting. Acara ini diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI) mengenai seremonial dan Bimbingan Teknis Bantuan Set Top Box (STB) dalam pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) tahap pertama di wilayah sumatera, yang berlangsung di Kota Metro Provinsi Lampung, Kamis (21/04).

Sekretaris Ditjen PPI, Wayan Toni Supriyanto menyampaikan, jelang pelaksanaan program ASO, Kemenkominfo dan penyelenggara multipleksing (MUX) mulai melakukan persiapan dengan memberikan STB gratis kepada masyarakat dengan kriteria rumah tangga tidak mampu atau rumah tangga miskin.

Kemenkominfo sudah menyiapkan 3.202.503 unit STB gratis untuk program ASO tahap pertama. Pemerintah melalui Kementerian Kominfo menyediakan STB sebanyak 87.310 unit dan lembaga penyiaran swasta, penyelenggaraan multiplexing, menyediakan sebanyak 3.115.193 unit. Untuk distribusi bantuan STB gratis, Kemenkominfo telah menunjuk PT. Pos Indonesia sebagai mitra yang bertugas melakukan penyerahan kepada rumah tangga miskin sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dimiliki Kementerian Sosial.

Untuk diketahui, terhitung tanggal 30 April 2022, 56 wilayah di Indonesia yang terdiri dari 166 Kabupaten/ Kota, termasuk Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah, wajib melakukan migrasi dari siaran TV Analog ke siaran TV Digital.

Adapun merek STB yang telah disertifikasi Kemenkominfo sebagai berikut : Akari, Matrix, Tanaka, Evercoss, Venus, Ichiko, Evenix, Zyrex, Advan, Kubik, Modibox, Visio dan INTI.(ae3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: