Sipuan: Dana Haji Untuk IKN Hoaks

Sipuan: Dana Haji Untuk IKN Hoaks

 

radarbengkuluonline.com, BENTENG – Masih dalam suasana Idul Fitri, Kementerian Agama kembali diterpa isu negatif. Isu negatif ataupun hoax itu dikarenakan beredar tangkapan layar berita yang berasal dari Media Daring dengan judul yang menarasikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas minta masyarakat ikhlaskan dana haji dipakai Pemerintah untuk pembangunan IKN (Ibu Kota Negara).

Menanggapi berita maupun statement yang menyesatkan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Tengah, H. Sipuan membantah dengan tegas bahwa isu yang beredar mengenai Dana Haji untuk Ibu Kota Negara itu tidaklah benar alias HOAKS. “Itu (Berita Dana Haji) Hoaks. Berita tersebut dibuat oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya saat dihubungi RADAR BENGKULU kemarin.

Sipuan menjelaskan bahwa isi yang benar dari berita yang beredar itu ialah, “Menag Yaqut : Pemerintah Tak Akan Hentikan Pemberangkatan Haji” yang diunggah pada 17 Januari 2022 lalu.

Menurutnya, isi berita tersebut diubah dengan menggunakan foto dari laman portal berita tersebut. “Seseorang yang tidak bertanggung jawab itu merubah isi dan judul berita dengan menggunakan foto Menag Yaqut. Jadi, seakan-akan beliau memberi statement menyesatkan tersebut dan membuat suasana gaduh,” jelasnya.

Menurutnya, dana haji ini memang menjadi isu yang sensitif dengan jumlah yang sangat besar memang menjadi sasaran empuk untuk membuat dan menyebar isu-isu yang menyesatkan. “Dana haji ini memang menjadi sasaran empuk bagi seseorang untuk membuat berita-berita atau isu tidak benar. Seperti dana haji untuk infastruktur lah ataupun yang terbaru ini dana haji untuk IKN itu tidaklah benar sama dengan hoaks.”

Ditambahkan, Kementerian Agama bukan lagi pihak yang mengelola tata kelola dana haji. Sejak diterbitkannya Undang Undang No. 34 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Haji, Pemerintah telah mengamanatkan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk mengolah dana haji. "Jadi, Kemenag bukan lagi yang bertanggung yang bertanggung jawab atas dana haji. Pengelolaan dana haji diserahkan penuh oleh BPKH.”

Ia berharap agar masyarakat jangan termakan hoaks atau berita yang menyesatkan. Ia juga meminta kepada seluruh jajaran Kemenag Bengkulu Tengah untuk memberi edukasi kepada masyarakat atas berita-berita mengenai seputaran dana haji agar tidak terjadi kegaduhan. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: