Desa Marga Mukti, Penarik Masuk Nominasi Tingkat Nasional

Desa Marga Mukti, Penarik Masuk Nominasi Tingkat Nasional

Dalam Kelola Pamsimas Jadi PADes radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Pamsimas di Desa Marga Mukti, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko, tidak hanya menjadi sumber masyarakat memperoleh air bersih. Namun, berkat dukungan Pemerintah Desa setempat, pengelola sukses mengelola Pamsimas menjadi Pendapatan Asli Desa (PADes).

Pamsimas Desa Marga Mukti, untuk sementara, satu-satunya Pamsimas di Provinsi Bengkulu yang airnya dikelola menjadi air siap minum dan dijual ke masyarakat umum. Atas keberhasilan itu, Pamsimas Marga Mukti Penarik, pernah masuk dalam nominasi pengelolaan Pamsimas terbaik tingkat nasional.

"Hasil pendapatan dari Pamsimas atau PADes Pamsimas, sudah pernah kita manfaatkan lagi untuk pembuatan sumur bor dan tower tangki air di wilayah Rukun Tetangga (RT) yang masih kesulitan mendapat air bersih. Kita memang serius mengelola Pamsimas ini menjadi sumber PADes, bukan sekedar sumber air bersih bagi warga saja," kata Kades Marga Mukti, Marwanto, kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Kades Marwanto menceritakan, sebelum ada tower air dari program Pamsimas di desanya, warga setempat masih memanfaatkan anak sungai sebagai sumber air untuk kebutuhan sehari-hari. Baik itu turun langsung ke sungai atau dengan sistem sedot menggunakan pompa air.

Namun setelah ada sumber air dari Pamsimas, mayoritas warga telah mudah mendapatkan air bersih yang dialirkan melalui pipa jaringan dari tower tangki Pamsimas ke rumah warga. "Setiap jaringan kerumah itu kita pasang meteran, ada iuran yang mesti dibayar. Hitungannya kubikasi pemakaian air. Sistem mirip PDAM. Alhamdulillah, masyarakat tidak keberatan, dan sejauh ini berjalan lancar," ujarnya.

"Selain jaringan ke rumah warga, pengelola juga mengelola air Pamsimas menjadi air minum dan dijual ke masyarakat umum. Itu juga berjalan. Dan hasilnya bisa menjadi PADes, tambahan APBDes desa kami, dimanfaatkan lagi untuk kebutuhan masyarakat. Contohnya, beberapa tahun lalu kami membangun tower air di RT 3," sambung Marwanto.

Ia menambahkan, pada tahun 2022 ini, Desa Marga Mukti kembali mendapat jatah program Pamsimas dari pemerintah. Pembangunannya sudah dimulai dengan telah dilaksanakannya titik nol beberapa hari yang lalu. Lokasi pembangunan Pamsimas tahun ini di wilayah RT 2.

"Alhamdulillah, tahun ini Marga Mukti dapat program Pamsimas lagi. Sebelumnya kita sudah dapat 3 kali sejak tahun 2017. Ditambah 1 tower tangki air dibangun dari pendapatan Pamsimas sebelumnya. Artinya 4 tower tangki air sudah ada. Akan ada 5 tower air kalau program Pamsimas tahun 2022 ini nanti tuntas. Mudah-mudahan, semakin banyak tower tangki air ini nanti, warga kami tidak lagi kesulitan mendapat air bersih," pungkas Kades. (sam) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: