Ponpes Pancasila Hasilkan Lulusan Bermutu Hafal Al-Qur’an

Ponpes Pancasila Hasilkan Lulusan Bermutu Hafal Al-Qur’an

Radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Ponpes Pancasila yang bernaung di bawah Yayasan Semarak Bengkulu menghasilkan lulusan yang bermutu dan hafal Al- Qur'an. Semua lulusan minimal hafal juz 30. Diungkapkan Direktur Ponpes Pancasila, Drs. H. Paimat Sholihin, MH.I saat acara Mutakharijin Wa Mutakharijat Haflah atau pelepasan siswa/santri Ponpes Pancasila, ada 104 yang menamatkan jenjang pendidikan MTS, SMP dan jenjang pendidikan SMA/ MA di Pondok Pesantren Pancasila Bengkulu.

H. Paimat menuturkan, Ponpes Pancasila adalah sebuah tempat pendidikan yang tidak perlu diragukan oleh para wali dan santri. Karena apa ? Ponpes Pancasila memberikan pendidikan sebaik mungkin dan melayani dengan setulus hati.

"Ponpes Pancasila saat ini memiliki keunggulan. Apa itu ? Yakni, mengintegrasikan dua kurikulum sekaligus. Yakni Kurikulum Diknas dan Kurikulum dari Kementerian Agama. Dan di luar itu kita juga ada Takhassus Program Pondok. In shaa Allah semua siswa/santri yang bersekolah di Pondok kita lulus nanti hafal juz 30. Sesuai dengan program tahfiz kita juga, minimal anak - anak sekolah disini (Ponpes Pancasila) minimal hafal juz 30. Kemudian jika sudah hafal bisa melanjutkan ke juz 1, 2 dan seterusnya," ujarnya.

Untuk mendukung pengaplikasian Bahasa Arab secara tertulis dan lisan, Direktur Ponpes Pancasila telah mengeluarkan kebijakan dan regulasi di lingkungan Pondok. "Mulai 1 Juli 2022 nanti, seluruh warga Pondok dalam berkomunikasi harus menggunakan bahasa Arab. Regulasi ini penting. Karena, kita harus membiasakan berbahasa Arab. Kami beranggapan bahwa ini perlu sekali. Karena, sisi bahasa ini penting untuk masa depan anak - anak. Baik itu untuk melanjutkan pendidikannya seperti di Kairo Mesir dan Universitas di Timur Tengah lainnya,' 'ucapnyanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Semarak Bengkulu, Drs. H. Nawawi Kadir mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada orang tua dan santri atas kepercayaannya kepada Ponpes Pancasila.

"Kami harapkan, kami doakan agar lulusan Ponpes Pancasila jadi pemuka agama dan pemuka masyarakat. Semoga ilmu yang didapat selama belajar dapat bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan dan masyarakat luas," katanya.

H. Nawawi Kadir mengatakan bahwa pihak yayasan mendukung penuh apapun yang diprogramkan Ponpes Pancasila. "Para siswa dan santri di Ponpes Pancasila ini berasal dari mana - mana. Ada yang dari wilayah Provinsi Sumsel seperti Linggau, Empat Lawang, Musi Rawas. Ada dari Lampung, Jambi dll. Ini luar biasa sekali. Tentu orang luarpun tertarik dengan Ponpes kita. Mengenai pembangunan Masjid Ponpes Pancasila, mulai tahun 2022 ini Yayasan Semarak, para alumni dan masyarakat akan berkolaborasi dalam rangka melanjutkan pembangunannya," katanya dihadapan tamu undangan.

Disisi lain, Lena, orang tua salah seorang santri yang lulusan Ponpes Pancasila mengungkapkan terimkasihnya kepada pihak sekolah dan Pondok. Ia mengatakan, anak yang lulus dari Ponpes Pancasila hafal Qur'an. Ini membuat bangga kami sebagai orang tua. (ae2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: