Kodim 0428/MM Tanamkan Semangat Bela Negara Kepada Anggota Pramuka

Kodim 0428/MM Tanamkan Semangat Bela Negara Kepada Anggota Pramuka

Salam Tunas Pramuka. Pembinaan Saka Wira Kartika Sang Patih, Kodim 0428 Mukomuko--

 

Ketua Kwarcab: Kami Sangat Apresiasi

RADAR BENGKULU - Kodim 0428/Mukomuko melalui Satuan Karya (Saka) Wira Kartika Sang Patih menanamkan semangat Bela Negara melalui kegiatan perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) kepada anggota Pramuka pelajar.

Upacara Pembukaan Pembinaan Saka Wira Kartika Sang Patih ini dipimpin langsung oleh Dandim 0428/MM, Letkol. Czi. Rinaldo Rusdy, S.IP, Sabtu (18/6) di lapangan upacara Makodim.

Dalam amanatnya, Dandim menyampaikan, perkemahan Saka Wira Kartika Sang Pati ini, bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan yang memiliki kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa.

"Harapan saya kepada seluruh peserta, agar kegiatan betul-betul dilaksanakan dengan baik guna memantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan," kata Dandim.

Ia mengajak puluhan peserta yang mengikuti kegiatan persami ini untuk kembali menggelorakan semangat perjuangan para pendahulu. Harus disadari, lanjut Letkol Rinaldo, bahwa kemerdekaan Bangsa ini diperjuangkan dengan tetesan darah dan air mata. Sebagai generasi penerus, segenap anggota Pramuka bersama-sama seluruh komponen bangsa di tanah air, berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat.

"Saya ingin menyampaikan beberapa pesan. Pertama, tingkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa bagi generasi muda. Jadikan Gerakan Pramuka sebagai pelopor dalam membudayakan diri, senang bekerja keras serta cerdas dan ikhlas, Ajak kaum muda untuk meningkatkan semangat Bela Negara, Mantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan. Utamakan kepentingan bangsa dan negara di atas segala-galanya."

"Kemudian, kokohkan persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Amalkan setia dan darma Pramuka. Inti dari satya dan dharma dari gerakan Pramuka adalah semangat, tekad, kode etik termasuk pesan-pesan moral dan spiritual. Masa depan Bangsa setelah kami ini nanti ada pundak kalian," demikian Dandim.

Sementara itu Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Mukomuko, Hj. Tengku Nurliyana Habsjah, SE melalui Ketua Harian, Rudiansyah yang menghadiri acara pembukaan kegiatan tersebut ketika dikonfirmasi mengatakan, pihak Kwarcab sangat mengapresiasi kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika yang dilaksanakan Kodim 0428/Mukomuko.

"Alhamdulillah, kegiatan-kegiatan Pramuka sekarang ini mulai aktif. Kegiatan semacam ini tidak mungkin hanya Kwarcab yang melaksanakan. Atas nama pengurus Kwarcab saya ucapkan terimakasih kepada Kodim, khusunya Dandim yang telah melakukan pembinaan. Apalagi Pak Dandim turun langsung. Kami apresiasi," demikian Rudiansyah. (sam) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: