Swifanedi: Minta Setiap Desa Ikut Menangani Sampah

Swifanedi: Minta Setiap Desa  Ikut Menangani Sampah

Kepala Dinas DLH Kepahiang, Swifanedi Yusda, S.Hut-Ruvi-

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang mengharapkan setiap desa di Kepahiang  ikut menjadi contoh dalam melakukan penanganan sampah rumah tangga. Mulai dari penyediaan kotak sampah hingga pengelolaannya. Karena DLH lantaran saat ini keterbatasan anggaran dalam melakukan pengadaan kotak sampah maupun kontainer. 

BACA JUGA:Program Sakti Bengkulu Selatan Terhenti

Kepala Dinas DLH Kepahiang, Swifanedi Yusda, S.Hut saat dikonfirmasi RADAR BENGKULU menyampaikan, tahun ini DLH tengah mengusulkan penambahan armada angkutan sampah ke pemerintah. Baik ke provinsi maupun ke pemerintah pusat.

“Keterbatasan anggaran membuat kita tidak bisa berbuat banyak. Maka dari itu kami berharap pemerintah desa juga memperhatikan kondisi ini. Misalnya dengan menyediakan kotak sampah di lingkungan masing-masing desanya supaya sampah di desa rapat ditangani dengan baik,” jelasnya.

BACA JUGA:Jembatan Penghubung Seluma Selatan - Ilir Talo Nyaris Putus

Penyediaan kotak sampah di tingkat desa dengan tujuan untuk mengantisipasi masyarakat tidak membuang sampah di sungai, drainase serta melakukan penumpukan sampah. Peran aktif tersebut menurutnya, agar masalah sampah tidak terus-terusan terjadi.

BACA JUGA:Inilah Kisah Haru Pemenang Lomba Mancing PWI Mukomuko

"Dalam kesempatan ini kami mengimbau kepada masyarakat jika ada kegiatan menghasilkan sampah dengan kapasitas banyak, kalau tidak sempat pemberitahuan lewat surat, telepon saja. Sampah akan kami angkut. Kami hanya memiliki 9 armada pengangkutan sampah beserta dengan pick up. Kondisi ini  membuat sangat terbatas dalam mengangkut sampah dari beberapa wilayah kecamatan."(crv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: