Ditemukan 11 KIS Ditumpukan Sampah, 8 Aktif, 3 Sudah Mati

Ditemukan 11 KIS Ditumpukan   Sampah, 8 Aktif, 3 Sudah Mati

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Baru-baru ini diketahui 11 kartu KIS ditemukan ditumpukkan sampah oleh warga di kawasan Pasar Kepahiang. Hingga Senin (4/7) belum diketahui siapa pembuang kartu BPJS Kesehatan atau KIS. 

Kepala Unit BPJS Kepahiang, Adelia Desnita menjelaskan, pihaknya belum mendapati kejelasan prihal tersebut. ''Kami tengah menelusuri pemilik kartu BPJS Kesehatan. Terutama untuk 7 kartu yang masih aktif (berlaku). Empat kartu sudah kita konfirmasi dengan pemiliknya. Mereka sudah mencetak kartu baru. Sementara 3 kartu lainnya masih proses penelusuran," ujar Adelia kepada RADAR BENGKULU kemarin.

Hasil pemeriksaan BPJS Kesehatan Unit Kepahiang, diketahui dari temuan warga. 8 kartu masih aktif 7  peserta PBI APBN, 1 kartu peserta mandiri dan 3 kartu sudah mati. "4 kartu ini masih kita telusuri keberadaan pemiliknya," lanjut Adelia.

Lebih lanjut Adelia menyebut, pihaknya tidak fokus dengan pelaku pembuang kartu BPJS. Fokus penelusuran mencari keberadaan pemilik kartu. Terkait dengan insiden pembuangan kartu pihaknya menyerahkan kepada pihak rekanan. "Pendistribusian kartu diserahkan kepihak ketiga dalam hal ini lewat JNE. Jadi, kita nanti konfirmasi kepihak ketiga. Tentu ada konsekuensi jika pelaku itu dari rekanan," ujarnya.

Meskipun demikian, Adelia memastikan pihaknya tidak menempuh jalur hukum dengan melapor ke Polres Kepahiang. BPJS Kesehatan hanya melakukan evaluasi kerja sama dengan JNE terkait dengan pendistribusian kartu BPJS Kesehatan, khususnya wilayah Kabupaten Kepahiang. (crv).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: