Pengukuhan Bunda Literasi, Tingkatkan Daya Baca Menuju Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat

Pengukuhan Bunda Literasi, Tingkatkan Daya Baca Menuju Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat

--

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Pengukuhan Bunda Literasi se Provinsi Bengkulu masa bakti 2022-2024 dilaksanakan Senin, 5 September 2022 bertempat di hotel Mercure Bengkulu. Kegiatan pengukuhan tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M. Pd, Bunda Literasi se-Provinsi Bengkulu. Dalam hal ini, istri dari Gubernur Bengkulu Derta Wahyulin dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Provinsi dan istri dari Bupati/Walikota sebagai Bunda Literasi di Kabupaten/kota masing-masing.

Gubernur Bengkulu dalam sambutannya menyampaikan, indeks baca dan indeks literasi itu bisa menggambarkan tingkat kemajuan suatu bangsa atau komunitas. Pengertian literasi itu adalah kemampuan membaca dan menulis, namun sekarang diperluas terkait kemampuan membaca dan keterampilan menulis, menghitung, berbicara, memahami dan pada akhirnya kemampuan itu akan membuat seseorang mampu menyelesaikan masalah yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian hasil indeks terkait literasi, saat ini kemampuan minat baca di Indonesia khususnya di Bengkulu memang sudah cukup tinggi. Yang perlu didorong itu adalah daya baca kita. Artinya, kita ini belum mampu untuk memahami dan menganalisa. Termasuk kemauan membaca informasi yang cukup berat itu yang masih kurang. ''Bahkan kita cenderung hanya membaca judulnya saja. Ini menunjukkan bahwa daya baca kita masih lemah, '' jelas Gubernur. 

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M. Pd mengatakan, Bunda Literasi sebagai inisitor untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca di Provinsi Bengkulu serta untuk meningkatkan SDM dalam rangka mencapai tujuan bangsa ini, khususnya di Bengkulu untuk menjadikan Bengkulu maju, sejahtera dan Bengkulu Hebat.

" Kita harus mendukung dan mensupport komunitas dan lembaga yang mendukung untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca di Provinsi Bengkulu. Kita saat ini masuk 10 besar nasional. Ini harus kita tingkatkan terus, ''ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: