Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (62)

Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (62)

Lapangan Sepak Bola Pantai Berkas ini dahulunya merupakan kuala tempat keluar masuk kapal nelayan dan juga tempat berkumpulnya barang-barang bekas-Azmaliar Zaros-

 

62. Kelurahan Berkas

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM -  Kota Bengkulu adalah salah satu kolonial Inggris yang telah membuat Benteng Fort Marlborough. Kota   ini memiliki Muara Dua dan  Bumi Ayu. Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki Panorama indah. Terutama bila kita melihat di Tanjung Ajung, Tanjung Jaya. Di daerah ini kita dapat melihat Semarang, Surabaya, Kampung Bali, Malabro, Sidomulyo, Padang Serai, Padang Jati, Betungan dengan leluasa.

Yang cukup menarik dilihat disini adalah Dusun Besar dengan Sawah Lebar  dan Sawah Lebar Baru yang sedang di Bajak petani. Sekarang daerah ini dipelihara dengan baik dan di Kandang dengan Kandang Limun, serta diberi Pagar Dewa. Kalau tidak demikian, Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai, Pematang Gubernur bisa rusak Jitra yang bersejarah itu. Karena, di sana ada Jalan Gedang, Pondok Besi,  Pintu Batu, Tanah Patah yang memiliki Sumur Meleleh terus menerus.

Di Pondok Besi ini ada Padang Harapan yang di Tengah Padang-nya selalu Sukarami. Di sana penuh dengan Kebun  Roos, Kebun Keling, Kebun Geran, Kebun Dahri, Kebun Kenanga yang ramai dikunjungi wanita. Kebetulan, daerah ini berdekatan dengan Pasar Bengkulu, Pasar Baru, Pasar Melintang, Pintu Batu, Pekan Sabtu yang Sukamerindu-kan PengantunganPenurunan yang sekarang masih ada Berkas-nya.  

Rangkaian kalimat yang mengiringi kata bergaris  tebal atau hitam itu   merupakan pengantar dari sebagian nama dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu yang unik. Kenapa nama kelurahan itu unik, wartawan RADARBENGKULU.ONLINE.COM, Azmaliar Zaros menurunkan laporannya secara bersambung setiap hari. Selamat membaca laporan SPEKTAKULER yang hanya satu-satunya ada di Indonesia dan mungkin juga di dunia.

Redaksi juga menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini. Pembaca juga bisa berpartisipasi menyumbang tulisan soal nama-nama unik tentang nama daerah, objek wisata dan lain-lain. Kritik, saran, tulisan dikirim ke email : [email protected] Atau telepon/WA ke HP 0812 7930 6998. (*)

 

Inilah Tempat Berkumpulnya Barang-Barang Bekas    

 

Berkas ini juga termasuk nama kelurahan unik di Kota Bengkulu. Kelurahan ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Teluk Segara. Mengapa daerah ini sampai dinamakan Berkas? Apakah karena ada berkas yang hilang? Untuk itu, ikuti saja tulisan ekskusif Wartawan RADARBENGKULU.ONLINE.COM berikut ini.

 

AZMALIAR ZAROS, Kota Bengkulu

 

Asal usul daerah ini dinamakan Berkas, kata tokoh masyarakat Berkas, Syafuan Dahlan, dia kurang tahu juga. Karena, daerah ini sudah lama sekali dinamakan Berkas.

‘’Saya kurang tahu secara persis dinamakan Berkas itu. Karena saya tidak bertemu dengan orangnya lagi. Saya hanya dapat keterangan sekilas dari orangtua-orangtua dahulu. Dia juga dapat keterangan sedikit dari orangtua masa itu. Kalau ditanya dengan orang dahulu tak mungkin lagi. Karena mereka sudah meninggal. Keterangan tertulis juga tidak ada,’’jelasnya ketika ditemui  di rumahnya.

Menurut cerita yang  dia dapatkan, Berkas itu adalah tempat berkumpulnya barang-barang yang berserakan dahulu. Semua barang yang berserakan di laut berkumpul di daerah ini.

Daerah ini sampai dinamakan Berkas, paparnya, pada awalnya daerah ini belum ada nama. Karena belum ada nama, kemudian diberilah nama oleh warga waktu itu. Pemberian nama itu dilakukan secara spontan saja.

Di daerah ini dahulu, katanya, ada kuala tempat keluar masuk kapal nelayan. Akibat adanya kuala itu, semua barang, apakah itu barang bekas atau barang baru yang hanyut oleh air masuk semua ke kuala Berkas ini, termasuk kapal nelayan. Karena disini banyak berkumpul barang bekas , maka warga secara spontanitas menyebut daerah ini dengan nama Berkas.

Sumber: