KPU Bengkulu Selatan Lakukan Upgrade Data Pemilih

KPU Bengkulu Selatan Lakukan Upgrade Data Pemilih

Kabid Perencanaan Data dan Informasi KPU BS, Muhammad Arif Luthfi,M.Pd -Fahmi-

 

MANNA, RADARBENGKULUONLINE.COM - Untuk mendaptakan data terbaru menjelang pemilihan ditahun 2024,  Komisi Pemilihan Umum(KPU) Bengkulu Selatan lakukan pengupgradean data pemilih. 

Data itu dikirimkan oleh Kementerian dalam Negeri persemester sebanyak 2000 data mata pilih yang perlu diverifikasi terkait siapa yang meninggal, siapa yang belum. Bahkan dari data yang diterima sekitar 500 data dinyatakan meninggal.

Ketua KPU Bengkulu Selatan, Alpin Samsen,S.Pt melalui Bidang Perencanaan Data dan Informasi Muhammad Arif Luthfi,M.Pd menyampaikan, bagi data yang dinyatakan meninggal ini akan dilakukan verifikasi. Apakah yang meninggal tersebut memang sudah meninggal, apa masih hidup. Untuk memastikan itu pihaknya sudah melakukan survei dilapangan.

"Apabila nantinya data hasil verifikasi yang kita dapat sudah meninggal, maka akan kita coret dari data pemilih. Kalau ternyata data tersebut masih dinyatakan hidup, maka kita pertahankan sebagai Daftar Pemilih Tetap(DPT),"papar Arif diruangannya Senin (19/09).

BACA JUGA: Pemprov Tingkatkan Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan

Kemudian dari data 2000 yang diterima oleh pihak KPU menjelang pemilu 2024 ada yang pindah, meninggal nanti akan dimasukkan dalam tahapan verifikasi bulan Oktober nanti. Ini akan dilakukan oleh Panitia Pendaftaran Pemilih(PANTARLIH) yang bisa disebut dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (67-Habis)

"Untuk pengupgradetan data saat ini masih terus berjalan. Semoga dari jumlah mata pilih berkelanjutan bulan berjalan per Agustus 1.17.809. Bahkan kita diakhir September akan melakukan rakor penyampaian tri semester Agustus, September, Oktober,"pungkas Arif. 

 

Sumber: