Pemdes Batu Bandung Bangun Irigasi

Pemdes Batu Bandung Bangun Irigasi

Pembuatan siring irigasi persawahan Desa Batu Bandung-Fahmi-

 

MANNA, RADARBENGKULUONLINE.COM - Pemerintah Desa Batu Bandung membangun irigasi persawahan, rehab serta pembuatan siring bersumber dari Dana Desa 20 persen untuk ketahanan pangan. Ini dilakukan agar bisa mencukupi kebutuhan air yang diperlukan dalam melakuan penanaman padi.

Kepala Desa Batu Bandung, Pajarman Efendi menyampaikan, sebelum dilakukannya perbaikan, masyarakat sudah banyak yang melakukan alih fungsi lahan dengan melakukan penanaman jagung untuk mencukupi kebutuhan pangannya, tetapi saat ini keadaan tersebut sudah kembali normal.

"Pemerintah Desa juga berharap pengembalian fungsi lahan ini dilakukan agar masyarakat kita tidak kekurangan untuk mendapatkan beras. Karena, beras merupakan makanan pokok bagi manusia.Sedangkan jagung bukan makanan pokok memang bisa dijual untuk membeli beras. Tetapi, alangkah baiknya kita mempunyai lahan dilakukan penanaman padi,"papar Pajarman di ruangannya Kamis (22/09).

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Sudah Dukung Program Satu Data Indonesia

Sesuai dengan anggaran yang dimiliki Pemerintah Desa, pembuatan irigasi baru dengan volume 466 M. Apalagi saat ini untuk masyarakat Batu Bandung hampir 90 persen mempunyai penghasilan bertani, dengan adanya pembuatan dan perbaikan ini mampu menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.

Kalau mau dilihat perswahan yang ada di Batu Bandung, ada sekitar 20 hektaran. Jangan sampai 20 hektar ini sampai peralihan lahan. Karena air yang dibutuhkan sudah cukup untuk bercocok tanam.

BACA JUGA:Pelaku UMKM Bengkulu Ekspor Lintah

"Semoga dengan ini,kami berharap ketahanan pangan masyarakat bisa kembali stabil.Untuk mendapatkan beras masyarakat bisa memperolehnya dengan mudah,"pungkas Pajarman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: