Transfer Dana Desa Daerah Capai Rp 6 Triliun Lebih

Transfer Dana Desa Daerah Capai Rp 6 Triliun Lebih

Kepala Ditjen Perbendaharaan Bengkulu, Syarwan-Ronal-

 

 
 
BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu menyebutkan realisasi dan penyaluran dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) telah mencapai Rp 6,5 triliun dari total pagu Rp9,78 triliun.
 
"Untuk penyaluran TKDD di Provinsi Bengkulu yang menggunakan APBN telah tercatat sekitar Rp 6,5 triliun," kata Kepala Kantor Wilayah DJPb Bengkulu, Syarwan di Kota Bengkulu,kemarin.
 
Ia mengatakan, penyaluran anggaran TKDD mencakup antara lain dana bagi hasil, dana alokasi umum, dana alokasi khusus fisik, dana alokasi khusus non fisik, dana insentif daerah dan dana desa.
 
Penyaluran TKDD saat ini, kata dia, di setiap sektor telah melebihi 50 persen dari total anggaran yang disediakan oleh pemerintah pusat.
 
Meskipun demikian, dirinya meminta kepada seluruh kepada daerah di Provinsi Bengkulu untuk segera menyalurkan TKDD dan memanfaatkan anggaran untuk memperbaiki perekonomian masyarakat Bengkulu.
 
Untuk realisasi TKDD di wilayah Bengkulu seperti dalam sektor Dana Bagi Hasil (DBH) di 11 wilayah yaitu Provinsi Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Seluma, Kabupaten Kaur, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Kota Bengkulu, telah mencapai Rp 122,6 miliar dari pagu Rp 397,48 miliar. Kemudian sektor Dana Alokasi Umum (DAU) dari 11 wilayah tersebut mencapai Rp 4,45 triliun dari total pagu Rp 5,99 triliun, sektor Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik sekitar Rp 319,7 miliar dari pagu Rp 932,7 miliar.
 
"Selanjutnya sektor Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik sekitar Rp 811,6 miliar dari total pagu Rp 1,38 triliun, dari sektor Dana Insentif Daerah (DID) hanya tersalurkan di sembilan wilayah, kecuali di Kabupaten Kaur dan Kabupaten Lebong, dengan penyaluran sekitar Rp 42,57 miliar dari total pagu Rp 56,61 miliar. Serta sektor Dana Desa (DD) yang disalurkan di sembilan wilayah, kecuali Kota Bengkulu, yang mencapai Rp 747,2 miliar dari total pagu Rp 1 triliun," sampai Syarwan. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: