MIN 3 Bengkulu Tengah Ciptakan Budaya Literasi

MIN 3 Bengkulu Tengah Ciptakan Budaya Literasi

Siswa MIN 3 Bengkulu Tengah sedang mengikuti upacara-Agus-

 

BENTENG, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Sekarang ini setiap sekolah wajib mengembangkan literasi sekolah sesuai dengan ketentuan yang sudah diterapkan.

Untuk tingkat SD atau madrasah, maka literasi yang dilakukan adalah literasi dasar. Literasi ini meliputi tahap pembiasaan meliputi membaca bahan pustaka selama 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar. 

Berikutnya adalah tahap pengembangan, meliputi mendiskusikan bahan bacaan yang sudah dibaca. Dan tahap berikutnya berupa pembelajaran yang meliputi penelaahan setelah literasi dasar dan tahap terakhir literasi perpustakaan media teknologi dan visual.     

Kepala MIN 3 Benteng, Izhar menyampaikan budaya literasi adalah budaya membaca buku, memahami ilmu pengetahuan. Misalnya  majalah, mading, koran dan internet.

BACA JUGA:Gerhana Bulan Total akan Terjadi 8 November 2022

"Salah satu yang kita kembangkan adalah perpustakaan yang saat ini kita tingkatkan," terangnya. 

Lanjut dia, tujuan budaya literasi di madrasah untuk meningkatkan minat baca anak terhadap sumber-sumber  ilmu pengetahuan. Manfaat budaya literasi bgi anak, pertama menggali atau mendapatkan informasi tambahan ilmu pengetahuan yang kadang tidak di dapat di kelas.  Jadi, dengan membaca adalah jendela ilmu. 

BACA JUGA:Desa Wajib Pedomani Regulasi Pemendagri dalam Kelola Keuangan

"Untuk pelaksanaan setiap kelas dijadwalkan untuk masuk ke ruangan perpus, bergantian hari. Jadi, semua merata mendapatkan jadwal membaca di perpustakaan," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: