Perlu Lakukan Ini Agar Serapan Dana Desa Lebih Maksimal

Perlu Lakukan Ini Agar Serapan Dana Desa Lebih Maksimal

Bupati Mukomuko, H. Sapuan-SENO-

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM mengatakan, serapan Dana Desa di daerah ini masih belum maksimal. Sehingga dibutuhkan langkah strategis agar serapan Dana Desa dapat berjalan dengan baik.

Untuk itu, ia berharap ada penguatan atau peningkatan kompetensi bagi aparatur desa. Mulai dari Kepala Desa dan juga termasuk jajaran pemerintah desa. Khususnya lagi bagi aparatur desa yang baru.

"Seperti kita ketahui, banyak Kades baru, jajaran pemerintah desa juga mungkin banyak yang baru. Maka perlu edukasi atau peningkatan kompetensi," ujar Bupati kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID tadi pagi.

Mengenai penguatan aparatur desa ini, lanjutnya, ia sudah berkoordinasi dengan Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) Kabupaten Mukomuko. Diharapkan organisasi ini dapat melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi bagi aparatur desa.

BACA JUGA:Ini Dia Inovasi Polresta Bengkulu Untuk Pembuatan SIM Bagi Disabilitas

Agar aparatur desa betul-betul paham terhadap pengelolaan keuangan desa maupun pelaksanaan dana desa, narasumber yang mengisi penguatan alangkah lebih baiknya dari pihak kementerian.

"Narasumber akan lebih baik dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kemendagri, dan Kemendes-PDTT agar jajaran pemerintah desa betul-betul dapat memahami," beber Sapuan.

Ditambahkan Bupati, pengawasan dana desa kedepan tentu akan lebih ketat. Oleh sebab itu, pengelolaanya juga mesti dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

BACA JUGA:Personel Polres Bengkulu Selatan Diberhentikan Tidak Hormat

"Dana desa akan diaudit. Maka kompetensi aparatur wajib dilakukan. Dana desa harus dapat menggerakkan ekonomi masyarakat," pungkasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: