Sampah Bikin Dinas Lingkungan Hidup Mukomuko Kelimpungan

 Sampah Bikin Dinas Lingkungan Hidup  Mukomuko Kelimpungan

Angkutan sampah milik DLH Mukomuko-SENO-

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten MUKOMUKO kekurangan armada pengangkut sampah. Sehingga, Dinas LH kelimpungan mengatasi sampah di 15 kecamatan se-Kabupaten MUKOMUKO.

Kadis LH Mukomuko, M. Rizon, S.Hut., M.Si mengungkapkan, saat ini, Dinas LH memiliki 2 unit dump truk, dan 2 unit truk amril pengangkut kontainer sampah. 4 Armada itu belum mampu mengelola sampah secara maksimal.

"Kalau armada pengangkut sampah kita memang masih kurang. Apalagi luas wilayah daerah kita sangat luas," kata Rizon.

Pihak Dinas LH Mukomuko telah berupaya mengusulkan bantuan armada sampah ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kata Rizon, pihaknya mengusulkan 4 unit dump truk ke KLHK.

"Proposal usulan sudah kami masukan ke KLHK. Mudah-mudahan dapat dikabulkan. Kalau mendapat bantuan armada dari pemerintah pusat akan sangat membantu pengelolaan sampah di daerah kita," ujar Rizon.

BACA JUGA:Rocky Gerung, Sultan dan Gubernur Rohidin Jadi Nara Sumber Seminar Nasional Unived

Disisi lain, Rizon juga mengatakan, tempat pembuangan sementara (TPS) sampah juga masih kurang. Ditambah lagi kesadaran masyarakat untuk membuang sampah ke dalam boks TPS sampah masih rendah.

"Sehingga sampah berserakan di luar bak TPS. Warga sekitar TPS sampah protes. Ini juga menjadi tantangan bagi LH," sampainya.

BACA JUGA:Pembangunan Pasar Kutau di Kota Medan Dikerjakan Sampai Larut Malam

Ia berharap kesadaran masyarakat agar membuang sampah benar-benar dalam bak TPS sampah. "Kalau kami pasukan kebersihan akan semaksimal mungkin melakukan pengelolaan sampah. Mengangkut sampah dari TPS ke tempat pembuangan akhir (TPA). Dengan kondisi yang ada, tetap kami maksimalkan," pungkas Rizon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: