Tabur Ikan dan Penghijauan di Danau Nibung untuk Ini

 Tabur Ikan dan Penghijauan   di Danau Nibung untuk Ini

Penaburan benih ikan di Danau Nibung, Kabupaten Mukomuko-SENO-

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemkab Mukomuko melakukan penaburan benih ikan jenis nila di Danau Nibung. Tepatnya di objek wisata Bambu Kuning atau eks Tortila, Desa Kota Praja, Air Manjuto, Rabu (16/11).

Tidak hanya itu, juga dilakukan penanaman pohon buah di lokasi tersebut. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Mukomuko, Wasri.

Sementara dari Kementerian PUPR dihadiri oleh Tim GNKPA serta sejumlah pejabat dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII. Turut hadir, Kadis Diparpora Mukomuko, Agus Harvinda, ST., MT, Humas Perusahaan PKS PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi, serta kelompok sadar wisata Danau Nibung.

Wabup Mukomuko mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemen-PUPR melalui Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamat Air (GNKPA). Ia mengimbau kepada masyarakat, benih ikan yang telah dilepas di danau serta bibit yang telah ditanam agar dijaga bersama.

"Kita jaga dan rawat bersama. Kalau menangkap ikan di danau jangan menggunakan setrum. Terus tanaman jangan dirusak. Apalagi dicabut. Meski ada kelompok yang akan merawat, tapi ini tanggung jawab kita semua," ujar Wasri.

Wabup yakin, manfaat dari kegiatan ini nanti tidak lain untuk masyarakat Kabupaten Mukomuko. Dimana, dengan sempadan danau yang hijau, masih banyak terdapat tanaman berkayu, itu sebagai penyelamat atau menjamin ketersediaan air sekian puluh tahun kedepan.

BACA JUGA: UMP Bengkulu Cuma Naik Sebanyak Ini

"Dampak jangka panjang yaitu untuk menjaga ketersediaan air. Makanya sempadan danau kita hijaukan. Dampak jangka pendeknya, lokasi ini (eks Tortila) bisa jadi objek wisata. Setiap objek wisata ada roda ekonomi akan berputar," beber Wabup.

Ditambahkannya, untuk penanaman pohon pada kegiatan tersebut bibit yang ditanam sebanyak 100 batang. 50 batang di lokasi Danau Nibung dan 50 batang di Kantor UPTD Pengairan Lubuk Gedang. Sementara bibit ikan yang ditabur sebanyak 2.000 ekor.

BACA JUGA:Jalinbar Bintunan-Urai Kembali Ambles, Kondisinya Mengerikan

"Kalau penghijauan, yang kali ini sudah kesekian kali. Tanaman sebelumnya Alhamdulillah tumbuh 90 persen. Benih ikan yang kita tabur sebanyak 2.000 ini bantuan dari PT. Sapta. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah menyukseskan kegiatan ini," demikian Wabup.   

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: