Ini Dia yang Dapat Mandat jadi Pengurus DPD KAI ISL Provinsi Bengkulu

Ini Dia yang Dapat Mandat jadi Pengurus DPD KAI ISL Provinsi Bengkulu

Edwin Prawijaya, S.H dan Dede Frastien, S.H.,M.H mendapat mandat sebagai pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KAI ISL Provinsi Bengkulu dari pengurus pusat-Putra/Ist-

 

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Presiden Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kongres Advokat Indonesia (KAI) ISL, Siti Jamaliah Lubis SH didampingi Sekjen DPP KAI ISL menunjuk dan memberikan mandat kepada Edwin  Prawijaya, S.H sebagai  Ketua dan Dede Frastien, S.H.,M.H Sebagai Sekretaris  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KAI ISL Provinsi Bengkulu. 

Mandat itu diberikan pada hari Selasa tanggal 15 November 2022 bertempat di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kongres Advokat Indonesia (KAI) ISL yang beralamatkan di Rasunah Office Park Kuningan Jakarta Selatan.

DPP KAI berharap dengan terbentuknya DPD KAI Provinsi Bengkulu di bawah kepemimpinan dua orang anak muda yang progresif dan memiliki integritas ini, DPD KAI ISL Provinsi Bengkulu dapat menjadi Organisasi Advokat yang besar serta menjujung tinggi etika profesi Advokat  dan tetap berpegang kepada Sifat dan Motto KAI. Yaitu "KAI merupakan Organisasi Profesi Advokat yang bersifat mandiri, bebas, merdeka dan bertanggung jawab serta mengemban misi luhur para Advokat Indonesia untuk turut serta membangun Hukum Nasional dalam rangka mengembangkan Profesi Advokat yang memiliki Integritas dalam keterikatanya dengan pembangunan Bangsa dan Negara.''

Seperti yang diKetahui KAI juga selalu berpegang kepada Motto Perjuangannya. Yaitu “FIAT JUSTITIA RUAT COELUM” yang artinya (Keadilan harus tetap ditegakkan, sekalipun langit runtuh).

Terbentuknya DPD KAI Provinsi Bengkulu ini memberikan semangat dan angin segar bagi para lulusan-lulusan Fakultas Hukum dari berbagai Universitas Negeri maupun Universitas Swasta di Provinsi Bengkulu yang selama ini bercita-cita menjadi seorang Advokat Profesional. 


Foto bersama di kantor pusat-Putra/Ist-

Dengan terbentuknya DPD KAI ISL Provinsi Bengkulu ini nantinya Calon Advokat dapat mengikuti Proses-proses pendidikan dan pelatihan untuk menjadi seorang advokat. Mulai dari mengikuti Ujian Calon Advokat (UCA), setelah Lulus UCA para calon Advokat akan mengikuti Diklat Khusus Profesi Advokat (DKPA) KAI yang diselenggarakan dan difasilitasi oleh DPD KAI Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan salah satu Universitas di Provinsi Bengkulu.

Kemudian, setelah selesai mengikuti DKPA calon advokat akan ditempatkan melakukan magang dan belajar praktik di pengadilan maupun belajar menyelesaikan masalah di luar pengadilan kepada Advokat Senior yang tergabung keanggotaannya di Kongres Advokat Indonesia.

Setelah selesai melakukan magang dan belajar kepada advokat senior paling sedikit selama 2 tahun, apabila calon advokat telah memiliki umur yang cukup minimal berumur 25 Tahun, maka calon Advokat akan dilantik untuk menjadi seorang advokat Kongres Advokat Indonesia (KAI) oleh DPP dan DPD KAI. Kemudian, barulah Calon Advokat  disumpah untuk menjadi seorang advokat di Pengadilan Tinggi dalam hal ini PT Bengkulu. 

DPD KAI Provinsi Bengkulu menyatakan akan menjamin, memfasilitasi dan megkawal keseluruhan semua proses yang akan dilalui oleh calon Advokat KAI Provinsi Bengkulu seperti yang telah diuraikan di atas.

Edwin Prawijaya, S.H selaku Ketua Advokat yang didampingi oleh Dede Frastien, S.H.,M.H selaku Sekretaris Advokat DPD KAI (ISL) Provinsi Bengkulu mengatakan: 

 "Dengan diberikannya amanah dan kepercayaan besar ini kepada kami oleh Presiden DPP KAI (ISL) Siti Jamaliah Lubis, S.H merupakan suatu kehormatan dan tanggung jawab yang besar bagi kami untuk  membangun dan memajukan Organisasi Advokat ini khususnya di Provinsi Bengkulu. ''

Harapannya juga, dengan terbentuknya Dewan Pimpinan Daerah KAI Provinsi Bengkulu, dapat menjadi solusi dan wadah positif bagi lulusan-lulusan Fakultas Hukum dari berbagai Universitas yang ada Provinsi Bengkulu yang selama ini bercita-cita menjadi seorang advokat.

Kemudian, akan  membantu para calon advokat bersama-sama  melalui semua proses dan  belajar dalam mewujudkan cita-citanya mengemban tugas mulia menjadi seorang advokat.

''Selanjutnya tekad kami bahwa nantinya Dewan Pimpinan Daerah KAI Provinsi Bengkulu dapat menjadi organisasi advokat yang terdepan dan memiliki integritas serta tetap profesional, yang kemudian  akan melahirkan advokat-advokat Bengkulu yang memiliki kualitas, profesionalitas, Mandiri, jujur dan bertanggung jawab.  Oleh karena itu DPD KAI (ISL) Provinsi Bengkulu berkomitmen untuk melahirkan Advokat yang mampu bersaing di Kancah Nasional maupun Internasional dengan tetap memegang teguh Kode Etik Advokat serta Peraturan Perundang-undang yang berlaku. 

BACA JUGA:Pertama, Pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 Tanpa Alkohol

Dewan Pempinan Daerah KAI ISL Provinsi Bengkulu, lanjutnya, selain dapat menjadi Wadah silaturahmi dan berhimpun bagi para Advokat di Provinsi Bengkulu, DPD KAI (ISL) Provinsi Bengkulu juga memiliki orientasi dalam mengedepankan Pendidikan dan Pelatihan Bagi calon Advokat di Provinsi Bengkulu agar nantinya para calon advokat yang lahir dan menyelesaikan Proses nya di KAI (ISL) memiliki integritas yang tinggi, profesionalisme, kemampuan yang mempuni dalam menganalisa dan menyelesaikan permasalahan hukum.

Kemudian, memiliki pengetahuan hukum yang luas, bertanggung jawab, jujur dan yang paling penting memiliki hati nurani sebagai seorang advokat dalam membela dan memperjuangkan hak-hak kliennya kelak. Kesemuanya itu Wajib tetap berpegang teguh kepada ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat serta Kode Etik Advokat.

BACA JUGA:Tim Porwanas Bengkulu Akan Beri Kado Untuk HUT Provinsi Bengkulu

Kemudian Edwin menyampaikan, '' Kami segera melakukan pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah KAI (ISL) Provinsi Bengkulu, yang mana Pelantikan tersebut akan langsung dipimpin oleh Presiden dan Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Kongres Advokat Indonesia (KAI) ISL. Setelah dilantik nanti kami akan langsung menyusun rencana kerja dengan para Pengurus DPD KAI Provinsi Bengkulu agar dapat segera menjalankan komitmen-komitmen kami seperti yang telah saya ungkapkan diatas, ''tutup Edwin Prawijaya, S.H yang didampingi Dede Frastien, S.H.M.H.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: