ASN Itu Tugasnya Melayani Masyarakat

 ASN Itu Tugasnya  Melayani Masyarakat

Kepala BPSDM Provinsi Bengkulu, Dr. Soemarno-ADIT-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia BPSDM) Dr. Soemarno, M. Pd tegas mengatakan bahwa ASN itu harus BerAkhlak (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif ) dalam bekerja. Soemarno juga mengatakan bahwa ASN itu pelayan masyarakat. 

"ASN itu melayani. Bukan sebaliknya, yaitu dilayani.  Pedomani BerAkhlak dalam bekerja," pesan Kepala BPSDM kepada para peserta Latsar CPNS (23/11). 

Dr. Soemarno mengatakan,  BPSDM Provinsi Bengkulu sangatlah memperhatikan serta mendidik dengan baik para peserta Latsar (Latihan Dasar) CPNS.

Latsar ini membentuk personal profesi PNS yang memiliki kompetensi. Kemudian Latsar berperan dalam membentuk karakter PNS yang kuat, tangguh, bertanggung jawab yaitu PNS yang mampu bersikap dan bertindak profesional dalam melayani masyarakat. 

BACA JUGA:Anak di Bawah Umur Ditemukan Ditempat Hiburan Malam

''Saya berpesan, setelah Latsar para peserta (ASN) agar terus dapat membekali diri saudara dengan mengaktualisasikan perilaku yang berpedoman dengan BerAkhlak (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang bertujuan untuk memberikan arah kepada seluruh arah ASN dalam perilaku dan memberikan pelayanan maupun melakukan pekerjaan sehari-hari.  Kemudian juga  saya pesan pada ASN agar mampu menanamkan nilai-nilai BerAkhlak dalam melaksanakan fungsinya sebagai seorang pelaksana kebijakan pelayanan publik serta perekat dan pemersatu bangsa secara bertanggung jawab dan integritas. ''

Tidak kalah pentingnya lagi, lanjutnya, adalah sikap dan perilaku yang di dalamnya terkandung unsur kompetensi, keterampilan dan minat.  Tiga unsur ini membentuk sikap pegawai negeri sipil yang mempunyai kepribadian yang dapat diaplikasikan dalam bentuk semangat dan gairah kerja bertanggung jawab dan mempunyai integritas moral yang tinggi. 

BACA JUGA: Oknum Guru Itu Masih Berstatus Terperiksa

Soemarno mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah dinyatakan lulus. "Semoga ilmu yang didapat selama Latsar dapat bermanfaat bagi diri peserta sendiri, lingkungan, tempat kerja dan bagi daerah."

Sumber: