Sembilan Puskesmas di Kepahiang Dipasang Panel Surya

Sembilan Puskesmas di Kepahiang Dipasang Panel Surya

Kepala Dinas Kesehatan Kepahiang, H Tajri Fauzan SKm M.Si-Ruvi-

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULUONLINE.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang tahun ini 2022, mendapatkan bantuan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan. Yaitu, berupa pemasangan perangkat pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Panel surya dipasangi untuk meningkatkan pelayanan ataupun melindungi vaksin. Anggaran yang didapatkan untuk pemasangan PLTS yang diperuntukan bagi  pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Kepahiang.

Kepala Dinas Kesehatan Kepahiang, H Tajri Fauzan SKm M.Si menyampaikan, kepentingan pemasangan PLTS pada setiap Puskesmas yang ada di Kepahiang, untuk menjaga kondisi obat-obatan yang ada dimasing-masing Puskesmas.

"Ya, di Kepahiang sendiri sering mati arus listrik. Sementara ada sebagian obat-obatan yang kita miliki butuh penjagaan. Terutama suhu udara seperti misalnya vaksin dan obat-obatan lainnya. Untuk menjaga kondisi obat - obatan itu tetap baik, dan tidak tergantung dari aliran listrik dari PLN, makanya kita pasang PLTS," ujarnya.

BACA JUGA:Keluarga Besar Putra Putri Polri Bengkulu Siap Sukseskan Ini

Lanjutnya, nanti terdapat 9 Puksesmas yang mendapatkan bantuan pemasangan PLTS dari 14 Puskesmas yang ada di Kabupaten Kepahiang.

Diantaranya, Puskesmas Durian Depun, Puskesmas Cugung Lalang, Puskesmas Kelobak, Puskesmas Pasar Kepahiang dan beberapa puskesmas lainnya dengan aggaran sebesar Rp 8 M lebih bersumber dari DAK.

BACA JUGA:Pentas Seni Warnai HUT ke 50 SMPN 5 Seluma

"Baru 9 Puskesmas yang mendapatkan bantuan PLTS. Sedangkan 5 Puskesmas lainnya belum. Dinkes Kepahiang juga tengah berusaha agar 5 Puskesmas yang belum mendapatkan bantuan tersebut. Rencananya kita semua Puskesmas dapat bantuan serupa, tapi sayangnya tahun depan (2023, red) DAK kita tidak dapat, syukur-syukur nanti bisa dibantu melalui DAU."

Sumber: