Melalui Peningkatan Indeks Literasi, DPK Wujudkan Bengkulu Maju Sejahtera dan Hebat

Melalui Peningkatan Indeks Literasi, DPK Wujudkan Bengkulu Maju Sejahtera dan Hebat

Literasi--

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu berkomitmen untuk turut berperan mewujudkan visi dan misi daerah. Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan bertema peningkatan ekosistem digital melalui transformasi perpustakaan menuju Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mendukung visi Presiden RI untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul untuk Indonesia Maju. "Dimana literasi menjadi faktor esensial dalam upaya membangun masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter," ungkapnya.

Disamping itu, lanjutnya, sebagai upaya mendukung terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Presidensi G20 ke-17. Sebagai satu-satunya negara Asia Tenggara yang menjadi anggota G20, tentu ini menjadi agenda yang sangat penting bagi Indonesia. G20 Indonesia harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, khususnya untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi.

"Sehingga dengan literasi yang kuat, mampu mendorong manusia pada kegiatan produktif hingga memberi manfaat sosial, ekonomi dan kesejahteraan. Perpustakaan Nasional RI juga telah merumuskan sasaran strategis untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat sebagai bagian terpenting dalam penguatan budaya literasi," tegasnya.

BACA JUGA: Pemprov Terus Upayakan Kebutuhan Dokter Spesialis

BACA JUGA:Jalan Santai Forum Komunikasi 9 Jurai Minang Sukses

Disisi lain Meri Sasdi menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini ditargetkan dapat meningkatnya pemasyarakatan dan promosi tentang pentingnya perpustakaan dan kegemaran membaca di tengah-tengah masyarakat. "Selain itu mendorong masyarakat untuk terus belajar, dan meningkatkan indeks literasi baik di lingkungan sosia," terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan tahun ini dikemas dalam bentuk talkshow. "Senin (28/11) besok sekitar pukul 07.30 WIB kegiatannya dimulai. Dimana dalam kegiatan ini kita mengundang sekitar 5.000 peserta online dengan menghubungi https://tinyurl.com/NarahubungPAPPBB, dan 150 perserta onsite," tambah Meri Sasdi.

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan, Deni Kurniadi mengatakan dalam kegiatan itu menghadirkan pembicara diantaranya Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando, Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati dan lainnya. "Sejauh ini undangan sudah kita sebarkan," demikian Deni. (AE 2/PRW)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: