Bengkulu Selatan Membuka Program Magang ke Korea

Bengkulu Selatan  Membuka Program Magang ke Korea

Kepala Dinas Transmigrasi Bengkulu Selatan, Edi Susanto,SH -Fahmi-

 

MANNA, RADARBENGKULUONLINE.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Distransmigrasi) Bengkulu Selatan akan membuka magang ke Korea sesuai dengan bidang dan kemampuan yang dimiliki. Itu dilakukan tahun 2023.

Kepala Distransmigrasi Bengkulu Selatan, Edi Susanto,SH mengatakan, untuk tahun 2023 itu, Tenaga kerja Indonesia(TKI) bukan hanya magang ke Korea, tetapi juga berencana dibuka ke Jepang.

Tetapi yang sudah parti ke Korea. Dengan terbukanya peluang tersebut,  diharapkan mampu menumbuhkan perekonomian serta mengurangi pengangguran dan angka kemiskinan.

"Hal ini kita lakukan berdasarkan survei yang kita lakukan. Karena dari tamatan SMA masih banyak yang  kebingungan untuk mencari pekerjaan. Lebih baik mengikuti pelatihan yang kita lakukan yang akhirnya nanti bisa mengikuti seleksi kerja keluar negeri,"papar Edi kepada RADARBENGKULUONLINE.COM  saat ditemui diruang kerjannya Senin (28/11).

Kalau bekerja diluar negeri, parnya, bisa mendapatkan upah yang lumayan besar kalau nantinya dijadikan dalam bentuk mata uang Indonesia. Dengan bekerja di luar negeri, pekerja Indonesia bisa menjadi lebih disiplin dalam memanage waktu.

BACA JUGA:Bunga Rafflesia Kembar Mekar Sempurna di Ulu Manna

Karena dalam bekerja diluar negeri, yang paling dituntut adalah kedisiplinan. Semoga dengan disiplin mampu membawa kesuksesan bagi pekerja Indonesia. Setelah pulang nanti, mampu menerapkan ilmu yang didapat kepada pekerja - pekerja yang ada di Indonesia.

''Untuk mengikuti tes  pemberangkatan ke Korea, kemungkinan akan kita kirim secara langsung melalui Kabupaten. Berbeda dengan pengiriman ke Jepang, kita masih harus menunggu hasil koordinasi ke pihak Provinsi. Karena, sebelumnya sudah ada MoU yang dilakukan,"ungkap Edi.

BACA JUGA:Lagi, Jembatan dan Jalan Inggris Terancam Putus

Pihaknya akan mengirimkan pekerja Indonesia sesuai bidangnya masing - masing. Apakah perbengkelan, pertukangan dan sebagainya serta tergantung lokasi yang tersedia di Korea. Dengan bertambahnya kerjasama dengan negara Korea ditahun 2023, pihaknya juga berharap pelamar akan semakin banyak yang mengikuti pelatihan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: