Gubernur dan Kepala Perpus RI Bangga Dengan Kinerja Perpustakaan Prov Bengkulu

Gubernur dan Kepala Perpus RI Bangga Dengan Kinerja Perpustakaan Prov Bengkulu

--


--
--
--
--

BENGKULU,RADARBENGKULUONLINE.COM  - Gedung Dinas Perpustakaan daerah provinsi Bengkulu  telah diresmikan oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Gedung yang sangat megah ini akan menjadi pusat peradapan , pusat teknologi  untuk kemajuan Bengkulu Lebih majuh , sejahtera dan  hebat sesuai dengan  keinginan Gubernur Bengkulu.

Dinas perpustakaan Provinsi Bengkulu saat ini telah terakreditasi A oleh  Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Dimana perpustakaan provinsi Bengkulu telah mengeluarkan program layanan yang sangat memudahkan para pembaca. ''Kita ada aplikasi E perpus memberikan  kemudahan bagi masyarakat mencari literasi. Saat ini Perpustakaan provinsi Bengkulu mendapat peringkat ke 2  dan  sekarang Kita sedang mengembangkan  menjadi lebih baik.

Disana bukan tentang  baca dan pinjam buku saja melainkan terdiri banyak informasi, diantaranya promosi tentang Bengkulu , pariwisata dan akan kita tingkatkan inovasi-inovasi  perpustakan Bengkulu agar menjadi  tempat berkumpulnya  masyarakat untuk meningkatkan literasi  untuk kemajuan Bengkulu dan Indonesia,'' jelas Kepala Perpustakan Provinsi Bengkulu Meri Sasdi.

Acara ini dibuka dan dihadiri langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang sangat bangga dan mengapresiasi pencapaian yang telah dilakukan oleh dinas Perpustakan sehingga telah memberikan yang terbaiak buat perpustakan Bengkulu. ''Alhamdulillah  sekarang dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu telah akreditasi A, yang mana artinya sekarang fungsi perpustakan bukan sekedar  koleksi buku dan membaca  tapi juga bisa mengatasi persoalan-persoalan  ekonomi dan memenuhi kebutuhan masyarakat,''jelas Rohidin saat hadiri membuka dan meresmikan gedung baru dinas perpustakaan Provinsi Bengkulu Senin (28/11).
 

Selain itu juga Rohidin menambahkan kedepannya dinas perpustakaan  bisa meningkatkan wilayah kelembagaan  dengan membuat UPTD baru. Lalu  mengembangkan perpustakan yang baru  dan menjadi mandiri , dengan sudah memiliki gedung yang  bagus  bahkan sekali lagi memiliki fungsi ekonomi , sosial dan budaya  agar sesuai dengan yang namanya perpustakan inklusi.  "untuk saat ini niat baca untuk provinsi Bengkulu  sendiri sudah sangat baik peningkatannya terutama di medsos saat ini.    

Disisi lain, pantauan jurnalis peresmian gedung baru dinas Perpustakaan provinsi Bengkulu sendiri diawali dengan pemotongan pita oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando, didampingi Gubernur Bengkulu , Dewi Coryati, M.Si Anggota DPR RI, Edwar Samsi angota DPRD provinsi Bengkulu  serta tamu undangan lainya yang ikut hadir.

Kepala Perpusnas M.Syarif Bando mengatakan kegiatan hari ini selain meresmikan gedung baru Perpustakaan provinsi Bengkulu juga talk Show dengan meningkatkan indek literasi  masyarakat. Ini merupakan  bagian dari apresiasi pemerintah pusat  kepada daerah terutama  upaya untuk  mengimplementasikan RPJM presiden RI  tentang peningkatan sumber daya  manusia. ''Kita sangat menyadari bahwa pondasi  dari pada peningkatan kualitas  SDM adalah  akses bahan bacaan, baik cetak maupun dalam bentuk digital untuk mengakses ilmu pengetahuan  dan teknologi  kemudian ditingkatkan menjadi  inovasi dan  kreativitas sehingga memiliki kemampuan untuk membuka lapangan pekerjaan  sehingga bisa menyerap tenaga kerja  dan sekaliguas  mengurangi angka penggangguran  meningkatkan income perkapital masyarakat Indonesia,'' pungkasnya. (ae3/prw)      

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: