23 Belum Kompeten, Wartawan RADAR BENGKULU Lulus Madya

 23  Belum Kompeten, Wartawan RADAR BENGKULU  Lulus Madya

Ketua PWI Bengkulu, pemateri dan Peserta UKW foto bersama-Iwan-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM  - Setelah berlangsung selama dua hari terhitung Selasa sampai Rabu,  kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XIX PWI Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu resmi ditutup.

Acara penutupan dilakukan oleh Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Provinsi Bengkulu yang bertempat di Gedung Serbaguna Provinsi Bengkulu, Rabu.(7/12)

Dalam sambutannya, Kabid IKP Henri Masa Depan mengatakan patut disyukuri bahwa kegiatan UKW telah berjalan dengan baik, terlepas dari hasil yang dicapai para peserta.

Kegiatan ini sambungnya, secara nyata telah menjadi bagian dari upaya meningkatkan sumber daya insan pers. Khususnya di Provinsi Bengkulu dan sekitarnya.

"Wartawan adalah suatu profesi yang mempunyai tugas mulia dalam mengawal aspek kehidupan publik. Seperti penelusuran serta menjadi perlindungan hak-hak pribadi masyarakat. Wartawan juga memerlukan standar kompetensi agar dapat menciptakan karya-karya jurnalistik berkualitas,” ungkapnya.

Selain itu, wartawan sebagai komponen penting dalam dunia pers memikul amanah mulia serta tanggung jawab yang berat. Bahkan mendapatkan predikat sebagai pilar demokrasi keempat dan mempunyai tanggung jawab moral terhadap kebenaran sebuah informasi.

Bagi peserta yang belum berhasil agar tetap semangat belajar mengenai peningkatan skill guna menciptakan keprofesionalan wartawan.

BACA JUGA:Amboi Indahnya Rafflesia Arnoldi Mekar di Taba Penanjung

"Berdasarkan laporan tim penguji yang disampaikan, H Oktap Riady, semula dari 72 peserta yang daftar,namun yang hadir dan mengikuti UKW ada 69 peserta. Rinciannya, 58 kategori muda, 11 madya. Namun yang dinyatakan kompeten sebanyak 46 orang. Salah satunya merupakan wartawan SKH RADAR BENGKULU bernama Supratman, S.Sos, M.Si yang dinyatakan lulus UKW jenjang Madya. Sedangkan 23 orang tidak kompeten.Jadi kami sebagai Penguji mohon maaf apabila ada kesalahan dan kami juga berharap semua wartawan yang berkompeten dan belum berkompeten terus berbenah dan terus lah belajar agar menjadi wartawan yang profesional," kata Octap.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Bengkulu,Marsal Abadi SE menyampaikan bahwa selama berlangsungnya UKW, para peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Menurutnya, UKW berkaitan dengan kemampuan sekaligus memastikan apa yang dilakukan selama ini telah sesuai dengan standarisasi wartawan.

BACA JUGA:Penyakit HIV di Bengkulu Meningkat

"Dalam peningkatan kualitas, semua ada prosesnya. Dalam UKW tak ada istilah lulus dan tidak lulus, yang ada kompeten atau tidak kompeten," tutur Marsal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: