Bupati Mian Cek Lokasi Ini Bersama Kementerian PUPR

 Bupati Mian Cek Lokasi Ini Bersama Kementerian PUPR

Bersama Tim Kementerian PUPR, Bupati Mian Cek Lokasi Rencana Pembangunan Sistem Pertanian Terpadu-Berlian-

 

Rencana Pembangunan Sistem Pertanian Terpadu

 

PUTRI HIJAU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Sosok Kepala Daerah tak mengenal kata libur ditunjukan oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian bersama Tim dari  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) cq Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VII dan Balai Jalan melakukan peninjauan Lokasi Rencana Pembangunan Integrated Farming (Sistem Pertanian Terpadu) di kawasan PT. Agricinal, Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, Sabtu (10/12/2022).

Turut hadir Kepala Balai Besar wilayah sungai Sumatera 7, Adi Umar Dani, ST, MT beserta Tim, Kepala Dinas Perkebunan, Kadis Pertanian, Kadis Perumahan Rakyat dan PR dan jajaran Dinas PUPR.

Integrated Farming System sendiri merupakan sistem pertanian dengan upaya memanfaatkan keterkaitan antara tanaman perkebunan, pangan, hortikultura, hewan ternak dan perikanan, untuk mendapatkan agro ekosistem, yang mendukung produksi pertanian (stabilitas habitat), peningkatan ekonomi dan pelestarian sumber daya alam.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara sendiri telah menyiapkan lahan seluas 80 hektare di Lahan Hibah PT. Agricinal Kecamatan Putri Hijau, untuk pengembangan kawasan pertanian terpadu.

BACA JUGA:Gubernur Serahkan Program Bedah Rumah Warga Seluma

“Perencanaan pertanian terpadu disini sudah dilakukan dan akan segera kita usulkan kepada Menteri PUPR Republik Indonesia. Lahan yang telah disiapkan seluas 80 hektare yang merupakan hibah dari PT Agricinal ke Pemkab Bengkulu Utara," ucap Bupati Mian. 

Pengembangan kawasan pertanian terpadu rencananya akan melibatkan masyarakat sekitar, dan akan segera membentuk tim khusus percepatan pelaksanaan program unggulan. Dimana tim khusus ini nantinya akan menggandeng perangkat daerah terkait dan pihak ketiga untuk menyukseskan pertanian terpadu.

“Nanti ada pembeli yang siap menampung hasil dari kawasan pertanian terpadu di sini. Jadi, ini betul-betul dari hulu sampai hilir,” jelasnya.

BACA JUGA:Bupati Mian Terima Kunjungan Tim Dirjen Imigrasi Bengkulu

Lebih lanjut ditambahkan Bupati Mian yang tak kalah penting, dia meminta kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk turut mendukung pengembangan kawasan pertanian terpadu. Bentuk dukungan yang diharapkan adalah dengan menyiapkan layanan listrik di kawasan tersebut.

“Kami juga mengharapkan saran dan masukan dari berbagai pihak, agar pengembangan kawasan pertanian terpadu berjalan dengan baik, membawa manfaat bagi kemajuan daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat, dalam hal ini petani,” tutupnya. 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: