DP3AP2KB Provinsi Bengkulu Gelar Talk Show Peran Ayah Dalam Keluarga

DP3AP2KB Provinsi Bengkulu Gelar Talk Show Peran Ayah Dalam Keluarga

Peserta Talk Show Peran Ayah Dalam Keluarga yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Provinsi foto bersama-Iwan-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Talk Show Peran Ayah Dalam Keluarga yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Bengkulu diikuti oleh perwakilan dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ormas dan media.

Tampil sebagai pemateri dalam talk show ini Konsultan Psikologi dan Owner Integritas Psikologi Center Jakarta Triyatno Yudo Prabowo, S.Psi., M.Psi., Kepala DP3AP2KB Provinsi Bengkulu Hj. Forita Ramadhani Wati, M.Si., dan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Sefty Yuslinah, S.Sos., M.AP.

Triyatno Yudo Prabowo, S.Psi., M.Psi., selaku pemateri utama dalam Talk Show ini mengungkapkan peran ayah di zaman sekarang merupakan sebagai pemimpin dan pencari nafkah yang sejak lama pun juga begitu.

"Dalam beberapa penelitan mutakhir, peran ayah di dalam pengasuhan anak dalam keluarga itu sangat penting," ungkap Triyatno Yudo Wibowo di depan peserta Talk Show DP3AP2KB, Senin (12/12).

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini Indonesia menempati rangking ke-3 Fatherless Country. "Indonesia menempati peringkat ke-3 Fatherless Country. Artinya ayah itu wujudnya ada, tetapi perannya tidak dirasakan anak dalam keluarga. Dimana dalam sebuah data, di Indonesia keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak pada keluarga itu masih di bawah 50%, sekitar 47,25 %." lanjutnya.

BACA JUGA:Provinsi Bengkulu Dinobatkan Terbaik & Terhebat Nasional Dalam Kearsipan

Sementara itu pemateri lainnya yakni Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Sefty Yuslinah, S.Sos., M.AP., menyampaikan materi Peran Ayah Dalam Membina Generasi.

"Anak yang didampingi sosok ayah dalam proses tumbuh kembangnya memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik," sampainya.

Ditambahkan oleh Sefty Yuslinah, peran ayah dalam keluarga sangat penting sebagai pencari nafkah, namun dalam pengasuhan anak, ayah pun harus ikut berperan.

"Berbagi peran ibu dan ayah dalam mendidik anak itu boleh saja, namun sepenuhnya tanggung jawab tetap pada ayah. Karena ada yang tidak bisa dilakukan ibu, khususnya dalam hal kepemimpinan, daya juang, kemandirian serta komunikasi." 

BACA JUGA:3.654 Warga Mukomuko Menunggu

Kegiatan Talk Show Peran Ayah Dalam Keluarga ini dibuka oleh Sekretaris Dinas DP3AP2KB, Maryani, S.St, SKM., yang diselenggarakan di salah satu hotel di kawasan Pantai Panjang, Kota Bengkulu pada Senin, 12 Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: